Gimana Ya Cara Declutter Makeup dan Skincare Supaya Nggak Numpuk? Simak Tips Berikut!

Gimana Ya Cara Declutter Makeup dan Skincare Supaya Nggak Numpuk? Simak Tips Berikut!

Kalau kamu gemar dengan makeup ataupun skincare, pastinya kamu juga senang kan belanja produk-produk kecantikan? Mungkin kamu terlalu kalap saat ada diskon, atau mungkin keracunan produk oleh para beauty influencers?

Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti ini kadang membuat kita buta kalau sebenernya koleksi produk kecantikan kita sudah banyak. Walaupun mencoba produk baru memanglah seru, tapi sayang banget, lho, kalau nggak sering dipakai.

Mumpung sedang masa PPKM gini, dan walaupun pastinya kamu lebih tergiur untuk online shopping, waktu ini bisa jadi kesempatan untuk declutter makeup ataupun skincare kamu di rumah!

Selain produk jadi tidak dibuang-buang, tempat penyimpanan juga akan lebih rapi dan bersih. Yuk, simak terus tips mudah declutter makeup dan skincare kamu!

1. Kumpulkan semua produk kecantikan kamu

Kalau kamu familiar dengan Marie Kondo, pasti kamu tahu kalau ini adalah metode khasnya. Agar setiap produk yang kamu punya dapat disortir dengan baik, ada baiknya kamu mengumpulkan semua produk itu di satu tempat, agar tidak ada yang terlewatkan. Ambil semua produk yang kamu simpan mau di lemari, kamar mandi, meja rias, tas makeup, dan gabungkan jadi satu. Siapa tahu, kamu malah bertemu kembali dengan produk favorit lama kamu yang sudah terlupakan!

2. Sortir berdasarkan kategori

Kalau kamu ingin mempermudah lagi proses decluttering-nya, kamu dapat menyortir produk-produk kamu berdasarkan kategori. Contohnya produk makeup dibagi menjadi makeup wajah, mata, dan bibir. Lalu produk skincare dibagi menjadi facial wash, toner, essence, serum, moisturizer, dan sebagainya.

Cara Declutter Makeup dan Skincare Supaya Nggak Numpuk (KlikDokter)

3. Buang produk yang expired!

Satu hal yang sering terlupakan untuk kita para Ladies, setiap produk kecantikan itu ada masa kadaluarsanya.

Terkadang kita terus menyimpan suatu produk sampai tanpa kita sadari produk itu udah terlanjur expired deh. Jadi salah satu hal yang paling penting dalam proses decluttering makeup atau skincare adalah cek tanggal kadaluarsa produk.

Lihat satu-satu secara teliti, dan kalau temukan produk yang expired, langsung kamu masukkan ke satu boks khusus produk expired!

4. Cek produk-produk yang belum dipakai

Hayo, siapa yang suka kalap beli makeup atau skincare baru terus akhirnya malah nggak dipakai? Setelah produk yang expired sudah disisihkan, selanjutnya kamu bisa sortir produk yang belum dipakai atau bahkan belum disentuh sama sekali.

Seperti sebelumnya, kamu bisa organisir per kategori agar lebih mudah. Satu tips buat kamu, ingatlah sama "6 months deadline", kalau kamu dapat produk tersebut 6 bulan yang lalu dan belum juga dipakai, kemungkinan besar kamu tetap tidak akan pakai di masa depan.

Saat selesai dipisahkan, kamu tinggal masukan ke boks khusus lagi yang terpisah. Lalu, produknya bisa kamu donasikan, dijadikan hadiah ke teman atau keluarga, ataupun dijual kembali!

Lalu, sisanya gimana?

Produk expired sudah, produk yang belum dipakai juga sudah. Lalu, apa? Kamu dapat sortir satu-satu lagi per kategori. Mungkin membuang produk expired itu gampang, tapi bagaimana dengan yang belum dan masih bagus?

Ini nih, yang sering jadi masalah. Kamu bisa coba tanya ke diri sendiri, "Apa saya memang cinta dengan produk ini? Bisa nggak ya dihabiskan sebelum expired? Apa saya simpan karena mahal? Apa ada gunanya di koleksi saya?".

Kamu juga bisa menyeleksi produk-produk essentials kamu. Setelah kamu berhasil menyeleksi, lagi-lagi tinggal kamu pisahkan deh ke boks yang berbeda.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"