Enam hal penting yang harus didiskusikan sebelum menikah. Jangan lupa diobrolin sampai sepakat ya!

Sebelum menikah, ada banyak hal yang harus dibicarakan bersama pasangan. Ya, memang sih ini obrolan yang serius dan mungkin kamu akan canggung saat membicarakan hal ini. Tapi, ini memang penting banget lho untuk diobrolin bareng pasangan demi tercapainya kesepakatan bersama untuk banyak hal yang akan terjadi setelah kalian resmi menikah.

Nah, apa aja sih yang harus dibicarakan setelah menikah?

Resepsi (sunshinecoastdaily.com.au)

Resepsi

Dimulai dari resepsi pernikahan. Apa kalian udah tahu nantinya bakalan mengadakan resepsi kayak apa? Jangan-jangan selama ini keinginan kamu dan pasangan berbeda. Siapa tahu, kamu pengin resepsi mewah, eh dia malah nggak ingin ada resepsi dan cuma pengen ke-KUA aja. Nah, hal ini kan bisa bikin kalian berantem lho kalau nggak sepaham. 

Keuangan

Selanjutnya, obrolin deh soal keuangan, mulai dari siapa yang akan bayar belanja bulanan, bayar tempat tinggal, tabungan bersama, bagaimana kalian manajemen keuangan, asuransi, investasi, dan segala hal yang menyangkut urusan finansial.

Diskusi soal anak (victoriabuzz.com)

Tempat tinggal

Kamu dan pasangan juga harus membicarakan di mana kalian akan tinggal setelah nikah? Apa di rumah orang tua, mengontrak rumah, tinggal di kost, atau berencana membeli rumah? Nah, untuk biayanya, harus dipikirkan juga siapa yang akan membayar atau berapa bagiannya jika bayar berdua. 

Selain soal biaya, kamu juga harus mendiskusikan soal daerah tempat tinggal, apakah sama-sama dekat ke tempat kerja masing-masing, bagaimana transportasi, keamanan, dan fasilitasnya. 

Anak

Saatnya bicarakan soal anak. Kalau kamu merasa semua orang ingin punya anak, bisa jadi salah lho. Nggak semua orang ingin punya anak atau ingin punya anak tapi ditunda dulu. Belum lagi soal ingin punya anak berapa, gimana kalau nggak bisa punya anak, kemungkinan adopsi, dan apakah hal-hal itu disepakati bersama. Meksipun beda pendapat, kalian pun harus berdiksusi lebih lanjut sampai sama-sama sepakat.

Diskusi pasangan (aconsciousrethink.com)

Pekerjaan rumah

Bahan obrolan selanjutnya adalah soal pekerjaan rumah. Siapa sih yang akan membersihkan rumah, menyapu, mengepel, masak, cuci piring, belanja bulanan, dan segala urusan rumah. Apa semua harus dilakukan oleh salah satu pihak? Lalu, bagaimana dengan kemungkinan kalian menyewa jasa asisten rumah tangga. 

Keluarga

Nah, untuk yang terakhir, jangan lupa bicarakan soal keluarga, seberapa sering akan mengunjungi keluarga, apakah akan ada biaya khusus untuk keluarga, membayar utang keluarga, termasuk apakah akan ikut membiayai anggota keluarga yang sakit atau masih sekolah.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations