Dikira Sariawan, Ternyata Wanita Ini Mengidap Kanker Mulut, Lidahnya Jadi Hilang Separuh

Dikira Sariawan, Ternyata Wanita Ini Mengidap Kanker Mulut, Lidahnya Jadi Hilang Separuh

Seorang wanita kehilangan setengah lidahnya akibat kanker yang dideritanya. Awalnya, Charlotte Webster Salter, perempuan berusia 27 melihat sebuah borok di lidahnya pada tahun 2018. Kala itu, ia bekerja sebagai pramugari dan kerap merasa lelah.

Ketika pergi ke dokter, ia menemui dokter gigi karena adanya luka pada lidahnya akibat gigi bungsu yang tumbuh. Namun bukannya membaik, borok di lidahnya malah muncul kembali di tempat yang sama setelah 2 tahun kemudian.

"Saya terus mengingkarinya. Dalam pikiran saya, itu hanya karena saya stres dan kelelahan, termasuk karena ia mabuk dan banyak mengonsumsi makanan pedas," ujar Salter mengutip Insider, Rabu (3/11/2022).

Charlotte akhirnya dirujuk ke spesialis telinga, hidung dan tenggorok alias THT pada Februari 2021 lalu karena lidahnya terdapat lesi putih yang menyakitkan.

Charlotte Webster Salter, wanita yang mengidap kanker lidah (nypost)

Ternyata, sang dokter menemukan tumor di lidahnya. Bahkan hasil tes mengungkapkan jika dirinya memiliki karsinoma  sel skuamosa, yakni kanker yang tumbuh dengan lambat dapat terjadi di lapisan mulut dan tenggorokan.

Apalagi, kanker tersebut memang sering menyerang orang yang merokok dan mengkonsumsi alkohol.

"Ada stereotip untuk kanker mulut, saya diberitahu 'oh, kamu terlalu muda'. Jadi orang berpikir yang mendapat kanker mulut hanya lelaki tua yang merokok lebihd ari 50 kali sehari, tapi kenyataanya ini tidak," ungkap Salter.

Lalu di Juni 2022, Charlotte melakukan operasi pengangkatan tumor. Setelah 9 jam proses tindakan, dokter akhirnya memotong sebagian lidahnya dan  menggantinya dengan pnutup kulit yang ada di otot paha Charlotte.

"Dalam satu hal, saya merasa beruntung karena diketahui tepat waktu. Saya adalah kasus yang jarang terjadi karena saya masih sangat muda," tutup Salter.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"