Cara Memilih dan Menggunakan Sunscreen yang Benar Agar Kulit Tetap Sehat

Cara Memilih dan Menggunakan Sunscreen yang Benar Agar Kulit Tetap Sehat

Bagaimana cara memilih dan menggunakan sunscreen yang tepat agar kulit kita terlindungi dari teriknya sinar matahari? Faktanya, pengetahuan tentang tabir surya adalah hal penting yang harus kamu pahami agar mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Pasalnya, bagi orang Indonesian, tinggal di negara yang beriklim tropis tentunya merupakan tantangan bagi kulit. Paparan UV dari sinar matahari bisa menjadi “penyakit” yang menggerogoti kulit secara perlahan.

Karenanya, agar kulitmu tetap sehat dan terjaga, usahakan untuk selalu memakai sunscreen di bawah teriknya sinar matahari. Selain itu, agar tidak salah, yuk simak penjelasan singkat berikut ini!

1. Memilih Kandungan yang Tepat

1. Memilih Kandungan yang Tepat Memilih dan Menggunakan Sunscreen (via Marsha Beauty)

Pastikan sunscreen yang kamu gunakan mengandung zinc oxide, avobenzone, atau titanium dioksida untuk perlingungan kulit yang baik. Selain itu, pastikan juga nilai SPF yang tepat bagi kulit. SPF adalah ukuran seberapa banyak sinar UVB dapat disaring oleh sunscreen.

Menurut dermatologis, SPF 15 menyaring 93% paparan sinar UVB, SPF 30 menghalangi 97%, sementara SPF 50 menghalangi 98% paparan sinar UVB. Angka lebih tinggi dari 50 dianggap tidak efektif karena SPF tidak dapat melindungi sampai 100% dari paparan sinar UVB. Karena itu, sebaiknya kamu menggunakan produk sunscreen dengan SPF 30 ke atas.

Selain SPF, perhatikan juga kandungan PA dalam produk sunscreen. PA berguna untuk melindungi kulit dari sinar UVA. Tingkatan PA tergolong menjadi beberapa jenis, yakni PA+ yang memberikan sedikit perlindungan, PA++ yang memberikan perlindungan dengan cukup, PA+++ yang memberikan perlindungan tinggi, dan PA++++ yang memberikan perlindungan sangat tinggi.

Jadi, dalam memilih sunscreen yang baik untuk kulitmu, dianjurkan untukmu menggunakan sunscreen dengan angka SPF tinggi seperti SPF 50 dan PA++++ untuk perlindungan yang lebih lama.

Meski demikian, para ahli juga sempat mengungkapkan kekhawatiran bahwa SPF yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah dalam jangka panjang. Karenanya, jika kulitmu sensitif sebaiknya gunakan SPF 30, namun mengoleskannya lebih sering untuk memaksimalkan perlindungan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"