Cara Melembutkan Rambut Kasar dan Kaku Secara Natural

Cara Melembutkan Rambut Kasar dan Kaku Secara Natural

Rambut kasar dan kaku dapat dibuat menjadi lembut tanpa menggunakan perawatan berbahan kimia alias natural. Kira-kira bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk melembutkan rambut?

Rambut yang lembut dan mudah ditata menjadi dambaan bagi kaum wanita meskipun tak menutup bagi kaum lelaki. Untuk mendapatkan rambut seperti itu, kaum wanita harus rajin dan merawat rambut hingga sehat. Tetapi ada kalanya orang tidak bisa merawat dengan rutin karena kesibukan dan pekerjaan. Hal itu tentu membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri karena rambutnya menjadi kasar dan kaku.

Untuk itu terdapat cara melembutkan kasar dan kaku secara natural. Cara ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia buatan yang efeknya tidak permanen. Perawatan yang natural meskipun repot di depan tetapi efeknya jangka panjang. Yuk kita simak cara melembutkan rambut yang kasar dan kaku dengan bahan-bahan natural gengs.

1. Pisang dan Madu

1. Pisang dan Madu Merawat rambut dengan pisang dan madu (legit.ng)

Cara melembutkan rambut kasar dan kaku pertama adalah dengan menggunakan campuran pisang dan madu. Caranya adalah dengan melumatkan satu buah pisang sehalus mungkin. Campurkan dengan satu sendok makan madu untuk selanjutnya digunakan sebagai masker.

Tetapi rambut kalian harus bersih terlebih dahulu sebelum mengenakan masker campuran pisang dan madu ini. Setelah rambut bersih, oleskan campuran pisang madu tersebut ke rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 20 menit lantas bilas dengan bersih. Dengan pemakaian secara teratur satu kali seminggu, dijamin dalam 2 bulan rambut kalian akan halus dan mudah ditata.

2. Lidah Buaya

2. Lidah Buaya Merawat rambut dengan lidah buaya (indiamart.com)

Yang kedua adalah dengan menggunakan lidah buaya. Sudah bukan rahasia lagi jika lidah buaya kerap digunakna untuk merawat rambut. Salah satunya untuk melembutkan rambut. Caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu menggunakan daging daun lidah buaya yang selanjutnya digunakan sebagai masker rambut.

Cara membuat masker dengan daun lidah buaya adalah dengan melumatkan daging lidah buaya tadi. Kalian bisa menambahkan sedikit air jika terlalu kental. Gunakan masker lidah buaya ini selama sekitar setengah jam baru bilas dengan air bersih. Selain melembutkan, masker lidah buaya juga terkenal membuat rambut menjadi lebat dan subur.

3. Buah Alpukat

3. Buah Alpukat Merawat rambut dengan buah alpukat (healthline.com)

Cara alami menghaluskan rambut yang berikutnya adalah menggunakan 

Buah alpukat juga dapat diambil manfaatnya untuk melembutkan rambut yang kasar dan kaku. Bahkan perawatan natural ini juga bisa membuat rambut menjadi harum. Yang kalian butuhkan cukup satu biji buah alpukat berukuran sedang yang sudah masak. 

Cara melembutkan rambut dengan buah alpukat adalah dengan melumatnya menjadi benar-benar lembut. Setelah itu oleskan pada rambut kalian dan diamkan sekitar 1 jam agar kandungannya meresap meresap secara maksimal. Setelah itu gunakanlah air untuk membilasnya hingga benar-benar bersih. Untuk hasil yang lebih baik, kalian harus rutin menggunakan masker rambut buah alpukat ini minimal 2 kali seminggu dalam kurun 3 bulan.

4. Kemiri

4. Kemiri Merawat rambut dengan kemiri (nyonyacooking.com)

Selain lidah buaya, tanaman kemiri juga sudah sangat dikenal manfaatnya bagi kesehatan rambut. Manfaat utama kemiri bagi rambut adalah mampu menghitamkan rambut yang kusam karena terpapar matahari. Yang diambil dari tanaman kemiri adalah minyaknya.

Kalian bisa mencari cara mengekstraksi minyak kemiri dari tanaman kemiri di internet. Jika sudah memiliki minyak kemiri oleskan pada kulit kepala dalam keadaan bersih setelah keramas. Biarkan minyak tersebut meresap ke akar rambut dan kalian tidak perlu membilasnya. Khasiat minyak kemiri ini dapat membuat rambut kalian menjadi lembut dan hitam berkilau secara alami.

5. Minyak Kelapa

5. Minyak Kelapa Merawat rambut dengan minyak kelapa (nhfonline.com.my)

Bahan natural terakhir yang dapat digunakan untuk melembutkan rambut adalah minyak kelapa atau yang biasa disebut dengan virgin coconut oil (VCO). Kalian bisa menemukan minyak ini cukup mudah seperti di toko online atau toko kecantikan di kota kalian.

Menggunakan minyak kelapa mirip dengan minyak kemiri. Tetapi kalian harus mencuci rambut setelah mengoleskan minyak kelapa selama 30 menit. Minyak kelapa juga kerap dicampur dengan bahan lain agar manfaat yang didapatkan semakin banyak. 

Demikianlah beberapa cara melembutkan rambut kasar dan kaku secara natural. Kalian bisa melakukan perawatan ini sendiri di rumah dan sebagian besar bahannya mudah didapatkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil membuat rambut menjadi lembut dan sehat.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"