Cara Cepat Turunkan Berat Badan Untuk Ibu Yang Baru Melahirkan Menurut Ahli

Cara Cepat Turunkan Berat Badan Untuk Ibu Yang Baru Melahirkan Menurut Ahli

Saat mengandung, berat badan  tentu meningkat. Sehingga, setelah melahirkan  banyak wanita yang ingin segera mengembalikan bobot tubuhnya seperti sebelum hamil. Namun terkadang, cara yang mereka lakukan kurang tepat dan justru membuat bayinya kekurangan nutrisi.

Lantas bagaimana cara cepat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan? Berikut yang dirangkum dari laman Hello Sehat yang ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita. Tapi sebelum itu, pastikan kalau dokter sudah memberikan kamu izin untuk menguruskan badan ya!

1.    Jaga Asupan Makanan

Jaga asupan harian kamu termasuk diet pasca melahirkan yang membantu menurunkan berat badan. Selain itu, menjaga asupan juga sangat bagus untuk kamu sedang menyusui karena bisa memberikan kelancaran produksi ASI. Yang perlu kamu perhatikan adalah makan lebih banyak buah-buahan, sayuran serta biji-bijian. Usahakan untuk makan sumber protein tanpa lemak. Selanjutnya, kamu juga harus mengontrol porsi makanan sekali makan.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi seperti kue, cookies, minuman manis seperti soda dan alcohol. Kurangi makanan kurangi junk food seperti pizza dan burger. Kamu juga perlu konsumsi makanan jenis superfood seperti tuna yang memang baik untuk bayi karena mengandung DHA dan asam lemak omega 4. Perbanyak pula konsumsi kalsium yang bisa didapat dari susu, yogurt serta keju.

2.    Pilih Camilan Yang Baik

Foto: Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan (Hello Sehat)

Konsumsi camilan ketika menjalani diet tidak jadi masalah. Asalkan, camilan yang dipilih harus yang sehat tidak banyak mengandung gula ataupun lemak. Contohnya, pilih camilan seperti buah segar atau sereal tanpa pemanis. Kurangi camilan yang tidak sehat seperti soda, permen, dan keripik karena makanan tersebut punya kalori tinggi namun tidak memiliki nutrisi yang cukup.

3.    Minum Air Putih

Minum bamyak air putih juga bisa membantu mengembalikan tubuh seperti semula. Konsumsi air yang cukup bisa membuat kamu merasa kenyang sehingga tidak ingin makan camilan. Selain itu, jika tubuh terhidrasi maka kalori yang terbakar juga akan lebih lambat dan membuat kamu tidak mudah merasa lapar. Setidaknya, minum segelas air setiap kamu menyusui.

4.    Olahraga

Cara lain yang tidak kalah penting untuk menguruskan badan setelah melahirkan adalah olahraga. Kamu bisa mulai olahraga dengan intensitas ringan sekitar 4-6 minggu setelah melahirkan. Tapi sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan waktu terbaik untuk mulai berolahraga pasca melahirkan. Pasalnya, waktu yang diperbolehkan untuk olahraga bisa berbeda setelah melahirkan normal maupun operasi caesar. Terlebih, buat kamu yang masih dalam masa perawatan setelah melahirkan.  

5.    Menyusui



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"