Bukan Cuma Kata Maaf, Ini Yang Diinginkan Pasangan Saat Kamu Berbuat Kesalahan

Bukan Cuma Kata Maaf, Ini Yang Diinginkan Pasangan Saat Kamu Berbuat Kesalahan

Waktu abis bikin salah ke pasangan, udah otomatis banget deh orang pasti minta maaf. Tapi mungkin aja lho permintaan maaf darimu itu nggak cukup. Apalagi kalau kesalahannya udah sering dilakukan berulang kali. 

Lalu, sebenarnya apa sih yang diharapkan pasangan ketika kamu membuat kesalahan? 

Menyadari kesalahan dan menerima konsekuensinya

Menyadari kesalahan dan menerima konsekuensinya Nggak cukup minta maaf (insider.com)

Pertama-tama, kamu mesti menyadari dan mengakui kalo kamu udah bikin kesalahan. Ya, tentunya kamu boleh minta maaf tapi habis itu harus tetap menerima konsekuensinya. Wajar aja kok kalau pasanganmu marah atau kesal, terus ngediemin kamu untuk beberapa saat. Toh, ini termasuk konsekuensi yang harus diterima. 

Biar kamu makin sadar, coba tanyakan dengan jelas bagian mana sih yang bikin dia marah dan nggak suka? Soalnya, kadang banyak hal sepele yang kamu ulangi karena nggak sadar itu adalah kesalahan atau sesuatu yang pasanganmu nggak suka. 

Menyesal dan berjanji nggak mengulangi kesalahan yang sama

Menyesal dan berjanji nggak mengulangi kesalahan yang sama Menyesali perbuatanmu (psychologytoday.com)

Setelah kamu tahu letak kesalahannya, normalnya sih kamu akan menyesali perbuatanmu ya? Dengan ini, kamu juga bisa berjanji untuk nggak mengulanginya lagi di kemudian hari. Jadinya, kalian nggak akan ribut-ribut lagi akibat hal yang sama. 

Nah, gimana kalau kamu nggak ngerasa menyesal dan nggak ngerasa bikin salah? Pastinya ini harus didiskusiin berdua ya. Bisa jadi kan masalahnya emang sepele, salah paham, dan emang butuh kompromi dari kedua belah pihak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"