Benarkah Jodoh Sudah Ditetapkan atau Harus Diupayakan? Simak Ulasannya Biar Kamu Nggak Salah Langkah

Benarkah Jodoh Sudah Ditetapkan atau Harus Diupayakan? Simak Ulasannya Biar Kamu Nggak Salah Langkah

Segala hal yang ada di dunia ini merupakan mutlak kuasa Allah Swt., mulai dari maut hingga rezeki. Termasuk datangnya jodoh yang tidak tahu dengan siapa dan kapan datangnya. Semua hal itu hanya Allah Swt. yang mengetahuinya. Sebagai manusia, kita hanya bisa berdoa dan berusaha serta mengupayakan yang terbaik yang bisa kita lakukan.

Wanita atau pria baik, niscaya akan dipertemukan dengan yang baik pula, begitupun sebaliknya. Namun, dalam proses pencariannya, ada yang berpendapat bahwa jodoh ditentukan melalui ikhtiar dan usaha, sisanya serahkan saja kepada Allah Swt.

Dalam Islam, jodoh adalah cerminan diri kita. Sebagaimana Allah Swt. berfirman dalam QS. An-Nur ayat 26 yang artinya:

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula),"

"Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."

Ilustrasi Jodoh (Muslim Obsession)

Lebih lanjut, masih soal jodoh nih, Gengs! Menurut Wikipedia, Lauhul Mahfudz adalah kitab tempat Allah menuliskan seluruh catatan kejadian di alam semesta. Lalu, apakah di dalam kitab tersebut juga membahas perihal jodoh yang memang sudah ditetapkan oleh Allah Swt?

Dilansir dari berbagai sumber, salah seorang anggota Fatwa Darul Ifta Syekh Dr Amr Al Wardani menyampaikan bahwa percaya pada qadha dan qadar adalah bagian dari rukun iman. Rasulullah saw bersabda:

"Iman adalah engkau beriman (percaya) kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir, dan engkau percaya kepada takdir Allah yang baik maupun yang buruk." (HR Abdullah bin Amr bin Al 'Ash)

Kemudian, terdapat hadis lainnya yang berbunyi: 

"Allah telah mencatat takdir setiap makhluk 50 ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi," (HR Muslim)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"