Bebas Cemong dan Nggak Rata, Ini Cara Pakai Foundation yang Benar

Bebas Cemong dan Nggak Rata, Ini Cara Pakai Foundation yang Benar

Yuk simak tips pakai foundation biar rata sempurna dan wajahmu nggak cemong.

Untuk menutupi kekurangan di wajah kayak warna kulit nggak merata, bekas jerawat, sampai bekas luka, banyak cewek akhirnya milih pakai foundation. Memang sih saat ini udah banyak banget produk foundation yang formulanya lebih ringan jadi bisa dipakai sehari-hari. Nggak kayak jaman dulu yang kayaknya foundation dipakai untuk kondangan atau pesta aja. 

Ya, pakai foundation untuk sehari-hari sebenarnya sah-sah aja kok untuk menunjang penampilan. Tapi kamu harus memperhatikan gimana sih cara mengaplikasikannya biar rata di kulit dan nggak jadi cemong-cemong?

Cara pakai foundation (oglf.org)

Jangan lupa pakai skin care dan primer

Sebelum pakai foundation, jangan lupa pakai skin care terlebih dahulu, mulai dari toner, pelembap, sampai sunscreen, dilanjutkan dengan primer yang bikin kulit lebih halus dan bikin foundation bisa tahan lama. Kalau pori-porimu cukup besar, bisa pilih pore minimizing primer. Pilihan primer lain yang bisa dipakai adalah  mattifying primer, hydrating primer, atau color correcting. Pokoknya pada tahap awal ini kamu mempersiapkan kulitmu dengan baik sebelum ditimpa makeup. 

Oleskan bertahap

Saat mengoleskan foundation ke wajah, lakukanlah secara bertahap. Jangan langsung dioleskan banyak-banyak, gengs. Oleskan foundation mulai dari area tengah wajah, kayak hidung dan kening, lalu blend ke arah luar wajah. Setelahnya baru pakai di pipi, dagu, sampai ke dekat telinga dan jangan lupa leher biar warnanya nggak belang. Jangan terlalu banyak saat pakai foundation kalau nggak pengen kelihatan menor.

Penggunaan beauty blender (insider.com)

Cara blend foundation

Biar foundation rata, blend foundation dengan cara ditepuk-tepuk perlahan, bukan digeser atau digosok-gosok. Kamu bisa pakai brush, beauty blender, atau spons makeup. Kesalahan saat blend foundation bisa bikin hasil akhirnya nggak rata dan wajahmu bisa jadi cemong. Selain itu, coverage-nya pun nggak bisa maksimal. Kalau masih kurang rata atau kurang menutupi noda di wajah, kamu bisa tambahkan foundation layer ke dua tipis-tipis. Terus blend perlahan sampai semuanya rata.

Pakai setting spray (makeupandbeauty.com)

Akhiri dengan setting spray

Setelah semuanya merata, kamu bisa mengakhiri proses ini dengan menyemprotkan setting spray. Cara terakhir ini penting dilakukan untuk bikin makeup nempel di kulit sekaligus bisa membuatnya tahan seharian. Jadi kamu nggak perlu touch up lagi meski berkegiatan dalam waktu lama. Kalau di tengah hari wajahmu udah berminyak, bisa ditepuk-tepuk pakai kertas minyak aja ya, gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"