Apa Benar Konsumsi Minuman Bersoda Bikin Haid Lancar? Begini Faktanya

Apa Benar Konsumsi Minuman Bersoda Bikin Haid Lancar? Begini Faktanya

Minuman bersoda konon bisa membantu melancarkan menstruasi agar bisa datang lebih cepat. Tetapi, apakah hal ini benar-benar aman dilakukan? Berikut penjelasannya.

Haid sendiri merupakan sebuah siklus bulanan para wanita yang sudah aqil baligh. Ketika haid datang terlambat, banyak wanita yang seringkali merasa was-was.

Dikutip dari Healthline, ada beberapa penyebab yang membuat haid telat datang atau tidak lancar, yaitu: 

- Stres

- Berat badan terlalu tinggi atau rendah

- Sindrom ovarium polikistik

- Kontrasepsi hormonal

- Penyakit kronis (diabetes atau penyakit celiac)

- Masalah tiroid

Nah, demi mempercepat siklus haid, beberapa orang beranggapan jika mengkonsumsi minuman soda seperti Sprite bisa membantu hal ini. Lantas, seperti apakah pandangan para pakar soal minuman bersoda untuk mengatasi gangguan siklus haid?

Efek minuman bersoda pada siklus haid (healthline.com)

# Penelitian Minum Soda Saat Telat Haid

Menurut penelitian, sejauh ini belum ada bukti pasti yang mengatakan bahwa minuman bersoda bisa mempercepat haid yang datang terlambat. Tetapi, minuman bersoda memang diakui mampu mempercepat haid pertama.

Dikutip dari Guardian, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada pola makan dan siklus haid pada 16.875 anak perempuan yang berusia 9-14 tahun di AS pada tahun 1996-2001.

Hasilnya, ditemukan fakta jika anak perempuan yang mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari rata-rata 1,5 kali, bisa mendatangkan hari pertama menstruasi lebih cepat sekitar 2,7 bulan dibandingkan perempuan yang tidak mengkonsumsi soda 1 kali dalam seminggu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"