Anti Buluk-Buluk Club! Ini 7 Cara Merawat Kulit untuk Ibu Hamil Secara Alami

Anti Buluk-Buluk Club! Ini 7 Cara Merawat Kulit untuk Ibu Hamil Secara Alami

Masa kehamilan adalah masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh hampir sebagian besar wanita. Namun, saat mengalami kehamilan, tak hanya bentuk badan saja yang berubah, kondisi kulit ibu hamil juga bisa berubah, lho.

Jika sebelum hamil, seorang wanita memiliki kondisi kulit kering, bisa saja saat hamil mengalami kondisi kulit yang berjerawat dan berminyak. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil.

Untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi masalah kulit yang dialami saat hamil, ibu hamil harus melakukan beberapa perawatan kulit yang aman dengan cara alami. Berikut cara merawat kulit untuk ibu hamil, dilansir dari beberapa sumber:

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara merawat kulit bagi ibu hamil yang pertama, yaitu mengonsumsi makanan yang bergizi secara rutin. Makanan bergizi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian, memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral, yang bersifat sebagai antioksidan.

Mengonsumsi makanan bergizi saat hamil, membantu menjaga kesehatan kulit wajah agar terhindar dari masalah kulit. Kandungan yang terdapat dalam makanan bergizi, mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit sehingga terhindar dari tanda-tanda penuaan dini yang dialami pada kulit ibu hamil.

7 Cara Merawat Kulit untuk Ibu Hamil (Jovee)

2. Gunakan Minyak Alami

Untuk merawat kulit wajah secara alami, ibu hamil bisa menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak jojoba, dan minya tanamu.

Minyak tersebut dapat diaplikasikan ke kulit wajah, dengan cara memijatkan minyak tersebut keseluruh wajah, lalu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Minyak alami berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, melancarkan sirkulasi darah di wajah, menghidrasi kulit, menjaga elastisitas kulit dan mengatasi kulit kering.

3. Gunakan Madu

Selain menggunakan minyak alami, ibu hamil juga bisa menggunakan madu alami untuk memijat kulit wajah. Madu memiliki kandungan senyawa antioksidan, yang bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

Madu alami dapat diaplikasikan di wajah yang sudah dibersihkan, lalu pijat wajah selama 5 menit dengan madu. Kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

4. Mengonsumsi Air Putih

Cara merawat kulit ibu hamil selanjutnya yaitu rutin mengonsumsi air putih, sesuai dengan kebutuhan cairan di dalam tubuh. Ibu hamil sangat mudah mengalami dehidrasi dan membutuhkan banyak cairan di dalam tubuh. Jika kekurangan cairan atau dehidrasi, dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan janin, lho.

Agar tetap terhidrasi, lebih baik konsumsi air putih minimal 2 liter sehari, atau setara dengan 10 gelas air putih sehari. Air putih juga membantu memperbaiki skin barrier yang rusak, meningkatkan kolagen dan memperlancar persalinan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"