6 Penyebab Double Chin Yang Jarang Diketahui, Bukan Cuma Karena Berat Badan Loh!

6 Penyebab Double Chin Yang Jarang Diketahui, Bukan Cuma Karena Berat Badan Loh!

Double chin  atau dagu bergelambir  merupakan sesuatu yang sangat mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, lapisan lemak yang terbentuk di bawah bagu ini dirasa cukup mengganggu penampilan. Masalahnya, double chin juga sangat sulit disembunyikan. Penggunaan make up pun tidak bisa menyamarkan munculnya masalah ini. 

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab double chin? Selama ini, dagu bergelambir atau dagu berlipat ini sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Padahal faktanya, orang yang memiliki double chin belum tentu mengalami kenaikan berat badan. Faktor keturunan juga bisa menyebabkan double chin. Lantas apa lagi penyebab double chin? Scroll artikel ini yuk!

1. Kelebihan Lemak

Foto: Double Chin (Kompas)

Penyebab double chin yang paling umum adalah kelebihan lemak. Saat mengalami kenaikan berat badan, maka kecenderungannya adalah melihat lemak yang mengendap di seluruh tubuh, termasuk di wajah dan di bawah dagu.

2. Struktur Wajah

Struktur wajah menjadi faktor lain penyebab double chin namun di luar kendali manusia. Sama seperti tipe tubuh tertentu yang memungkinkan orang terlihat lebih gemuk atau kurus dibanding orang lain, struktur wajah pun demikian. Khususnya pada orang dengan dagu resesif dan garis rahang lemah akan lebih rentan memiliki dagu kecil, karena kulit yang membentang di dagu lebih kecil.

3. Kulit Yang Menua

Penuaan pada kulit juga bisa menyebabkan double chin. Di pertengahan usia 20-an, jumlah kolagen yang diproduksi kulit mulai menurun. Ketika itu terjadi, kulit mulai kehilangan elasitasnya hingga membuat kulit mulai mengendur. Semakin menua, maka semakin sedikit kolagen dan membuat lipatan dagu semakin jelas terlihat.

4. Masalah Kesehatan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"