Jangan buru-buru menikah kalau kamu dan pasangan belum tahu apakah kalian sudah yakin, siap, dan mempertimbangkan banyak hal sebelum ke jenjang yang lebih serius.

Sudah punya keinginan untuk menikah? Jangan terburu-buru, gengs! Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah. Jangan sampai, setelah menikah kamu baru sadar kalau selama ini kurang yakin, nggak cocok atau ada karakter pasangan yang sulit ditoleransi. 

Untuk menghindarinya, pertimbangkan hal-hal berikut ini ya!

Pernikahan (piferestatelaw.com)

Kecocokan

Sebelum menikah, pastikan kamu sudah merasa cocok dengan pasanganmu. Ini penting mengingat kamu dan dia akan hidup bersama dalam jangka waktu yang nggak sebentar. Selama pacaran, tugasmu adalah mengulik apa saja kekurangan dan kelebihan pasangan, kemudian memberikan penilaian apakah hal-hal tersebut bisa kamu terima atau malah bikin kamu nggak tahan. 

Keyakinan

Pastikan kamu memang sudah yakin ingin menikah dengan pasanganmu. Menikah tentunya bukan main-main, dan semua orang pun ingin melangsungkan momen ini sekali seumur hidup. Jadi, tanyakan pada diri sendiri apa kamu benar-benar yakin untuk hidup bersamanya ke jenjang pernikahan?

Memikirkan pernikahan (bostonmagazine.com)

Keuangan

Kalau sudah menikah, kira-kira bagaimana kalian mengatur keuangan? Kalian wajib terbuka masalah keuangan, seperti penghasilan, utang, dan ke depannya siapa yang akan membayar ini dan itu, termasuk soal resepsi. Keterbukaan soal keuangan sangat penting biar nggak jadi masalah besar ke depannya. 

Soal anak

Kamu dan pasangan bisa diskusi sejak awal soal anak, apakah kalian ingin memiliki anak atau nggak, berapa jumlah anak, bahkan sampai ke biaya, perawatan, pendidikan, serta bagaimana pola mengasuh anak yang diinginkan.

Merencanakan pernikahan (aquabamboo.com)

Persiapan mental

Kalau keyakinan, restu, dan biaya sudah di tangan, pastikan kamu sudah siap secara mental. Salah satu caranya, kamu dan pasangan bisa konsultasi ke konselor penikahan atau psikolog agar ada orang lain yang menilai tentang kesiapan kalian sebelum menikah.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations