6 Dampak Buruk Menjadi People Pleaser, Jangan Sampai Terjadi Padamu!

6 Dampak Buruk Menjadi People Pleaser, Jangan Sampai Terjadi Padamu!

Dampak buruk menjadi people pleaser bisa sangat merugikanmu secara mental, emosional, bahkan fisik. Ketika kamu terlalu fokus memenuhi keinginan orang lain, kamu cenderung mengabaikan kebutuhan dan keinginanmu sendiri sehingga dapat mengarah pada perasaan stres, kelelahan, hingga kecemasan yang kronis.

Agar tidak semakin parah, mari kenali beberapa dampak negatif yang mungkin kamu alami jika terus menerus menjadi people pleaser:

1. Kehilangan Identitas

Dampak Buruk Menjadi People Pleaser (via Suara.com)

Ketika kamu terlalu berorientasi pada menyenangkan orang lain, kamu mungkin kehilangan jati dirimu sendiri. Kamu mungkin menekan atau mengabaikan nilai-nilai, minat, dan keinginanmu sendiri demi memenuhi harapan orang lain.

2. Stres Hingga Percaya Diri yang Rendah

Terus-menerus mencari persetujuan dari orang lain dapat merusak rasa percaya dirimu. Kamu mungkin menjadi terlalu sensitif terhadap kritik dan merasa tidak berharga jika tidak disukai oleh orang lain.

Selain itu, menyediakan diri untuk memenuhi kebutuhan orang lain dapat menyebabkan tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Kamu mungkin merasa terbebani dengan harapan dan ekspektasi yang tidak realistis dari orang lain.

3. Kehilangan Batas Pribadi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"