5 Tips yang Wajib Dipahami Pemula sebelum Memulai Skincare dari Ahli Dermatologis

5 Tips yang Wajib Dipahami Pemula sebelum Memulai Skincare dari Ahli Dermatologis

Punya kulit yang sehat dan cerah tentu menjadi dambaan setiap wanita. Salah satu cara menuju kulit cerah adalah dengan melakukan skincare routine.

Namun sayangnya, nggak semua orang paham mengenai urutan skincare yang tepat, terutama bagi para pemula. Jika salah menggunakan skincare, alih-alih punya kulit cantik yang didambakan, kulitmu justru akan mengalami berbagai masalah, mulai dari iritasi hingga berjerawat.

Menurut ahli dermatologis, dr. Claudia Christin, PhD., hal pertama yang harus dilakukan pemula saat memakai skincare adalah mengetahui jenis kulit. Hal ini sangat penting agar skincare dapat bekerja maksimal pada kulitmu.

Selain itu, masih banyak lagi urutan skincare yang wajib diketahui pemula. Mau tau lebih lanjut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Ketahui jenis kulit

Ilustrasi Mengtahui Jenis Kulit (KlikDokter)

Agar produk skincare dapat bekerja secara maksimal, hal utama yang harus diperhatikan menurut ahli dermatologis, dr. Claudia Christin, PhD., adalah dengan mengetahui jenis kulit. Untuk mengetahui jenis kulit, dr. Claudia membagikan beberapa tips khusus.

"Caranya mudah dengan melakukan 'the bare face method'. Caranya kita cuci muka dengan sabun yang gentle. Lalu kita keringkan dengan halus, dan biarkan selama 30 menit tanpa menggunakan skincare apapun," ujar dr.Claudia dalam webinar Wardah, Minggu (22/8/2021) lalu.

Setelah dibiarkan selama 30 menit, kamu harus memperhatikan kondisi kulitmu. Jika kulitmu terlihat bercahaya pada banyak bagian wajah seperti dahi, hidung, dan pipi, maka jenis kulitmu adalah berminyak (oily). Apabila kilauan cahaya hanya terlihat di area hidung dan dahi, maka jenis kulit kombinasi (normal/combination). Selain itu, apabila kulitmu terasa ketarik atau kering terutama saat membuat ekspresi wajah, maka jenis kulitmu adalah kering (dry).

"Cara kedua yaitu dengan 'Mid Day Check', yakni dengan menggunakan blotting paper (kertas minyak) di bagian wajah seperti di pipi. Perhatikan jumlah minyak pada blotting paper. Dan cara ketiga adalah dengan 'Photo Check'. Kamu bisa memperhatikan kulit wajahmu dengan zoom beberapa foto," lanjut dr. Claudia.

2. Ketahui kebutuhan kulit

Selanjutnya, kamu juga harus mengetahui kebutuhan kulit agar skincare yang digunakan tepat sasaran.

"Apakah kamu memiliki masalah hyperpigmentation, jerawat, atau kerutan. Jadi kita harus ketahui lebih dahulu apa kebutuhan atau tujuan utama kulit kita," kata dr.Claudia

3. Cari solusi yang sesuai jenis kulit



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"