5 Tips Merencanakan Kehamilan, Enggak Perlu Ditunda!

5 Tips Merencanakan Kehamilan, Enggak Perlu Ditunda!

Umumnya setiap pasangan yang menikah tentu menginginkan kehadiran buah hati. Kalau kamu dan pasangan menginginkan hal yang sama, tentu kamu harus merencakan kehamilan dengan baik. Nah, agar nantinya kehamilanmu aman dan optimal. Kamu wajib mengikuti 5 tips merencanakan kehamilan  berikut ini!

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Tips Merencanakan Kehamilan (via Kompas)

Kamu bisa memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan alami yang kaya serat dan tinggi protein. kamu juga disarankan untuk menghindari makanan cepat saji. Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan berolahraga teratur dan hindari stres.

2. Mengonsumsi Asam Folat


Kalau kamu ingin segera hamil, sebaiknya mengonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat, seperti bayam, kubis, sawi, alpukat, bit, kedelai, ikan salmon, susu, dan telur. Atau kamu juga bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan asam folat. Jika kamu memenuhi asupan asam folat, maka dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat dan prematur.

3. Jaga Berat Badan Ideal


Obesitas, selain bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, ternyata juga bisa menurunkan kesempatan kehamilan. Sedangkan kekurangan berat badan dapat membuat jadwal menstruasi terganggu, sehingga masa subur akan sulit ditentukan. Jadi sebaiknya jaga berat badan tetap ideal saat merencanakan kehamilan.

4. Hentikan Kebiasaan Buruk


Punya kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, atau mengonsumsi kafein berlebihan? Sebaiknya kamu menghindari semua kebiasaan buruk tadi jika sedang merencanakan kehamilan.

Apabila tetap melakukan kebiasaan tersebut, maka bisa menimbulkan risiko bayi lahir prematur, berat badan bayi rendah, pecah ketuban sebelum waktunya, terancam keguguran, dan bisa merusak sistem saraf bayi sehingga bayi lahir cacat.

5. Konsultasi Pada Dokter



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"