5 Tips Komunikasi Untuk Pasangan WFH, Biar Gak Bingung Karena Keseringan Ketemu

5 Tips Komunikasi Untuk Pasangan WFH, Biar Gak Bingung Karena Keseringan Ketemu

Pas lagi sibuk rasanya gak ada waktu buat ketemu dan dikit banget waktu liburan bersama. meski kamu dan pasangan tinggal dalam satu rumah. Udah capek sama kerjaan masing-masing.

Saat ada social distancing dan work from home (WFH) kalian jadi sering banget ketemu di rumah. Mungkin ada yang biasa aja sih. Tapi bisa jadi beberapa pasangan malah dapet masalah.

Bingung antara membagi waktu buat ngurusin kerjaan dan kegiatan rumah. Biar bagaimanapun WFH bukan liburan. Kalian tetep punya kerjaan masing-masing.

Bisa jadi juga ada yang bosen dan canggung karena harus bekerja di rumah berdua. Malah gak bisa fokus buat kerja. Ada loh gengs.

Kalian akan menghadapi dinamika yang berbeda karena tinggal dan bekerja dari rumah dari pagi, siang, dan malam. Semua kebersamaan itu dapat mengakibatkan beberapa gesekan jika tidak terbiasa berada bersama sepanjang waktu. Komunikasi yang efektif dengan pasangan ketika sedang bekerja dari rumah sangat berharga sekarang.

"Di era social distancing ini, bekerja dari rumah dengan pasangan  dapat menyebabkan ketegangan dan gesekan yang sebelumnya mungkin gak terjadi," kata Christie Tcharkhoutian, terapis perkawinan dan keluarga berlisensi dan mak comblang profesional di Three Day Rule.

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan komunikasi, sehingga kamu bisa menjaga kedamaian saat bekerja dari rumah.

1. Bicara tentang kebutuhan ruangan

1. Bicara tentang kebutuhan ruangan Bicara tentang kebutuhan ruangan (theverge.com)

Jika kurangnya ruang pribadi adalah sumber masalah dalam situasi WFH , Dr. Gary Brown, seorang terapis pasangan terkemuka di Los Angeles, menyarankan untuk mengambil pendekatan proaktif dengan memulai percakapan seputar kebutuhan satu sama lain sejak awal.

Dia merekomendasikan untuk mengajukan pertanyaan seperti: 

"Apakah salah satu dari kalian lebih pribadi daripada yang lain dan membutuhkan lebih banyak ruang? Apa yang kalian butuhkan untuk bekerja di ruang terbatas? Seberapa tenang susana yang diinginkan?"

Kemudian, pastikan untuk menindaklanjuti dengan memberikan satu sama lain ruang yang udah kalian.

2. Cari cara yang tepat untuk membantu satu sama lain

2. Cari cara yang tepat untuk membantu satu sama lain Cari cara yang tepat untuk membantu satu sama lain (today.id)

Kebutuhan kalian harus menjadi percakapan yang berkelanjutan, Dr. Brown mengatakan,

"Luangkan waktu di awal setiap hari kerja dan ajukan pertanyaan pada pasangan: 'Apa yang bisa aku lakukan untuk membuat harimu lebih mudah hari ini?' Cukup dengan menanyakan pertanyaan itu kemungkinan akan sangat membantu karena mengirimkan pesan bahwa kamu sadar bahwa mereka mungkin memiliki beberapa kebutuhan yang ingin Anda penuhi untuk mereka, jika memungkinkan."



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"