5 Tips Agar Tetap Bahagia Bersama Pasangan Saat LDR, Salah Satunya Jangan Suka Mengekang!

5 Tips Agar Tetap Bahagia Bersama Pasangan Saat LDR, Salah Satunya Jangan Suka Mengekang!

Sudah bukan rahasia lagi kalau long-distance relationship alias LDR adalah hubungan yang sulit bagi banyak pasangan. Pasalnya, hubungan romantis seharusnya didasarkan oleh perjumpaan dan kontak fisik yang intens. Tak sedikit hubungan kandas di tengah jalan karena masing-masing pasangan belum bisa berkomitmen. Namun, bukan tidak mungkin kok kamu bisa melewati hubungan LDR dan berakhir di jenjang pernikaha.

Lantas, bagaimana cara agar kamu bisa tetap nyaman untuk terus menjalankan hubungan LDR bersama pasanganmu? Berikut beberapa tipsnya yang dibagikan oleh seorang Psikolog, Ni Made Putri Ariyanti, M.Psi., dilansir dari IDN Times.

1. Saling percaya satu sama lain

Dalam sebuah hubungan, kamu harus percaya kalau pasanganmu nggak akan selingkuh dengan orang lain. Apalagi, dalam hubungan LDR, kamu hanya bisa berjumpa melalui layar dan mendengar suara satu sama lain di telepon.

Mulailah dengan meyakini bahwa ia juga menaruh kepercayaan terhadapmu. Maka, kalau kepercayaan itu dikhianati olehnya, artinya itu bukan salahmu!

2. Jaga komunikasi, tapi jangan mengekang

Komunikasi adalah kunci dalam sebuah hubungan. Hal itu juga berlaku dalam hubungan LDR, bahkan lebih berarti. Ini karena komunikasi yang menggunakan perantara seperti laptop atau gawai akan menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman daripada komunikasi tatap muka. 

Menyampaikan bahwa kamu nggak suka kalau pasanganmu nggak membalas chat kamu selama berjam-jam itu bagus, kok dan sah-sah aja. Namun, hati-hati saat mengomunikasikannya. Bisa-bisa, kamu melewati batas dengan memaksakan keinginanmu kepada pasangan.

5 Tips Agar Tetap Bahagia Bersama Pasangan Saat LDR (KlikDokter)

3. Posisikan dirimu sebagai pasanganmu

Salah satu keuntungan dari hubungan LDR adalah kebebasan yang diberikan. Kamu bisa me-time lebih banyak dan bertemu dengan teman lebih sering. Namun, dalam hal ini jangan sampai kamu terlena dan mengabaikan pasanganmu.

Maka dari itu, sebelum menerima ajakan untuk bertemu dari orang lain atau merespons rayuan mereka, coba posisikan dirimu sebagai pasanganmu. Gunakan kepercayaan dari pasanganmu dan pastikan kalau kamu nggak akan menyakitinya.

4. Jadikan LDR sebagai sebuah "tes"

Berhentilah berpikir bahwa LDR adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubunganmu. Mulailah mengadopsi mindset jika kamu kuat menghadapi LDR bersama pasanganmu maka akan membuat hubungan itu lebih kuat lagi. 

Nikmatilah LDR bersama pasanganmu. Bisa saja, LDR membuatmu mengevaluasi hubungan dalam perspektif yang baru sehingga ke depannya hubungan saat ini akan menjadi lebih awet daripada sebelumnya. 

5. Jadwalkan kunjungan bertemu

Meski dipisahkan jarak, kamu tetap harus menjadwalkan kunjungan untuk bertemu dengan pasangan. Jadi, jika ada waktu untuk bertemu, manfaatkan kesempatan ini untuk mengunjungi pasangan sesegara mungkin.

Hal yang nggak kalah penting, sadari dan terima sejak awal akan kebutuhan biaya transportasi dan komunikasi yang nggak kecil. Hadapi juga kenyataan bahwa kamu atau pasangan perlu menempuh jarak berjam-jam untuk bertemu.

Tak dapat dipungkiri jika orang yang menjalani hubungan LDR akan merasa insecure. Untuk itu, bila kamu membutuhkan bantuan untuk mengatasi rasa insekyur tersebut silakan konsultasi dengan psikolog atau teman yang kamu percayai.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"