5 Item Wajib dalam Seserahan Pernikahan Jawa, Seperti Kaesang dan Erina!

5 Item Wajib dalam Seserahan Pernikahan Jawa, Seperti Kaesang dan Erina!

Memberikan seserahan pernikahan adalah salah satu tradisi yang dilakukan pihak laki-laki kepada perempuan. Tujuannya tak lain adalah sebagai bentuk kasih sayang dan tanggung jawab laki-laki kepada pasangannya. Prosesi inilah yang juga jadi sorotan dalam pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono beberapa waktu lalu.

Dilansir dari berbagai sumber, seserahan pemberian Kaesang berisi barang-barang yang sehari-hari dipakai oleh Erina. Selain itu, ada pemberian berupa pisang, makanan, dan sejumlah item wajib yang umum dalam pernikahan Jawa.

Umumnya, seserahan memang terlihat melimpah karena pihak laki-laki disarankan memberikan benda-benda yang mewakili kebutuhan sehari-hari pengantin perempuan secara menyeluruh. Sebenarnya apa sih item wajib yang harus dimasukkan dalam seserahan? Berikut penjelasannya.

1. Pakaian

1. Pakaian Item Wajib dalam Seserahan Pernikahan (via BrideStory)

Sandang, atau pakaian, adalah salah satu kebutuhan primer manusia, sehingga wajib dimasukkan ke dalam daftar isi seserahan pernikahan. Meski demikian, jumlah dan jenisnya pada dasarnya tidak baku, dan tergantung pada kebutuhan perempuan dan anggaran pihak laki-laki.

Meski demikian, dalam kepercayaan adat Jawa, memberikan baju pesta disarankan untuk jadi prioritas. Zaman dahulu, batik dan kebaya tidak pernah ketinggalan, namun masyarakat modern umumnya kini telah memodifikasi item pakaian menjadi lebih kekinian sehingga cocok dengan zaman sekarang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"