5 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Kulit dengan Alami Pakai Bahan Rumahan

5 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Kulit dengan Alami Pakai Bahan Rumahan

Gimana sih caranya menghilangkan stretch mark atau selulit dengan alami?

Stretch mark, muncul saat kulit kalian berubah bentuk dengan cepat karena pertumbuhan atau kenaikan berat badan. Kondisi ini bukan pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kesehatan kalian.

Baik pria dan wanita bisa terkena stretch mark, loh. Kehamilan dan pubertas bisa jadi faktor penyebabnya.

Kemunculannya ditandai dengan garis merah atau ungu tipis pada kulit yang punya tekstur berbeda dari lapisan kulit di sekitarnya. Akhirnya, sebagian besar tanda peregangan memudar dan menghasilkan warna yang lebih terang atau hampir tembus cahaya, dan menjadi mengkilap.

Menyingkirkan stretch mark dengan cara yang sepenuhnya alami sepertinya nggak mungkin. Stretch mark jarang banget hilang sepenuhnya. Tapi, ada beberapa solusi yang dapat bantu kalian meminimalisir stretch mark. Berikut beberapa caranya.

1. Vitamin A

kentang dan wortel (theprettybee.com)

Vitamin A atau retinoid akan membuat kulit kalian lebih lembut dan terlihat muda. Coba deh konsumsi suplemen vitamin A. Atau, konsumsi makanan kayak wortel dan kentang. 

Melansir dari Healthline, dalam studi di tahun 1996, peneliti mengungkapkan kalo retinoid bisa bantu ngurangin stretch mark. 

2. Gula

Gula bisa dipakai untuk eskfoliasi kulit. Caranya, campurkan 1 cangkir gula dengan 1/4  cangkir almond oil atau coconut oil. Lalu, tambahkan air lemon secukupnya.

Gosokkan perlahan di tubuh kalian yang ada stretch marknya. Ulangi cara ini saat mandi. Kalian bisa gosokkan perlahan selama 8 hingga 10 menit.

3. Hyaluronic acid

hyaluronic acid (dermstore.com)

Kolagen adalah protein di kulit yang bisa membuat kulit terlihat sehat. Seiring bertambahnya usia, kolagen berkurang di wajah dan tubuh kalian.

Produksi kolagen dapat distimulasi. Salah satu yang bisa meningkatkan kolagen adalah asam hialuronat atau hyaluronic acid. Asam hialuronat dapat diserap dengan mengonsumsi kapsul atau ekstrak.

4. Aloe vera

Lidah buaya dikenal sebagai bahan natural untuk membuat kulit lebih lembut. Dari dulu aloe vera dipakai buat ngilangin bekas luka. Jadi, kita bisa coba juga buat ngilangin stretch mark atau selulit.

5. Coconut oil

coconut oil (mnn.com)

Karena stretch mark adalah bekas luka dari kerusakan kulit, minyak kelapa dapat membantu menghilangkannya dengan cepat.

Minyak kelapa dipercaya karena khasiatnya dalam mempercepat penyembuhan luka. Mengoleskan minyak kelapa murni ke stretch mark setiap hari bisa memudarkannya sedikit. Kecuali kalian alergi terhadap kelapa, minyak ini dianggap aman.

Itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan stretch mark. Mungkin nggak bakal hilang sepenuhnya, tapi paling nggak warnanya sedikit memudar. Selamat mencoba!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"