5 Cara Menasihati Anak Agar Mau Mendengarkan Orangtua

5 Cara Menasihati Anak Agar Mau Mendengarkan Orangtua

Bagaimana sih cara menasehati anak secara efektif? Tentunya pertanyaan macam ini sering terlintas dalam benak mereka yang sudah punya anak. Orangtua seringkali dihadapkan dengan sikap keras kepala anak saat diberi nasihat, karena itu diperlukan cara yang tepat untuk menasihati anak agar anak mau mendengarkan orangtuanya.

Meski demikian, hal ini memang tak selalu mudah karena anak biasanya sangat sensitif. Dengan demikian, menasihati juga harus memperhatikan banyak hal, misalnya saja tidak dilakukan di depan umum, hingga menggunakan sentuhan agara anak merasa dihargai.

Apakah kamu salah satu yang pusing dengan perilaku anak yang enggan mendengar kata-kata orangtua? Ada beberapa cara lain yang perlu diperhatikan saat menasihati anak seperti dirangkum dalam artikel berikut:

1. Cari waktu yang tepat

1. Cari waktu yang tepat Cara Menasihati Anak Agar Mau Mendengarkan Orangtua (via Rumah Yatim Indonesia)

Cara menasihati anak yang pertama adalah dengan menemukan waktu yang tepat untuk menasihati. Lihat kondisi sekitar, usahakan menasihati saat tidak ada orang lain. Selain itu jangan terburu-buru menasihati anak sesaat setelah anak berbuat salah atau saat anak sedang sibuk melakukan sesuatu.

Jika anak meluangkan waktu khusus untuk bicara, maka anak akan fokus mendengarkan apa yang orangtua katakan. Ingat bahwa seorang anak juga memiliki ego dan rasa malu jika ditegur di depan umum. Jika kamu membiarkannya ditegur di depan banyak orang, dia akan tumbuh menjadi sosok yang rendah diri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"