5 Cara Jitu Agar Tidak Bersin-bersin Saat Masak Sambal Pedas, Ibu-ibu Wajib Tahu Nih!

5 Cara Jitu Agar Tidak Bersin-bersin Saat Masak Sambal Pedas, Ibu-ibu Wajib Tahu Nih!

Sambal merupakan salah satu produk yang banyak diminati masyarakat. Banyak orang yang bahkan merasa kurang jika tidak menambahkan sambal ke dalam menu makanannya. Tidak selalu harus membeli, sambal juga bisa dibuat sendiri di rumah. 

Adapun kamu cukup mempersiapkan cabai segar sebagai bahan utamanya lalu bumbu-bumbu lain sebagai penyedap. Akan tetapi, tak sedikit orang yang enggan membuat sambel sendiri. Sebab, menumis cabai bisa menimbulkan bersin-bersin. 

Namun kamu tidak perlu khawatir, ternyata ada cara yang bisa dilakukan agar tidak bersin saat menumis cabai. Caranya pun sangat mudah loh! Penasaran seperti apa? Simak tips agar tidak bersin saat masak sambal di bawah ini!

1. Buka Pintu dan Jendela

Ilustrasi Masak Sambal (Tribun)

Tips pertama, pastikan sirkulasi udara lancar. Sebelum memasak sambal, disarankan untuk membuka jendela dan pintu yang ada di sekitar dapur. Ini dilakukan agar uap atau gas yang dihasilkan dari tumisan cabai atau sambal nantinya tidak menempel di dapur atau ruangan.

2. Nyalakan Kipas Angin

Setelah membuka pintu dan jendela, kamu juga bisa menyalakan kipas angin. Jadi, letakkan kipas angin di dekat area kamu memasak. Arahkan kipas angin ke tempat kamu memasak dan kalau bisa arahnya juga harus menghadap ke luar ruangan.

3. Tambahkan Gula

Cara agar tidak bersin saat menumis cabe lainnya adalah menambahkan satu sendok gula ke dalam minyak panas. Setelahnya, kamu bisa masukkan cabai untuk ditumis. Cara ini bisa menghilangkan bau menyengat dari cabai.

4. Potong Cabai Menjadi Kecil



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"