4 Tanda Stres yang Ditunjukkan Oleh Kondisi Kulit, Kamu Termasuk yang Mana?

4 Tanda Stres yang Ditunjukkan Oleh Kondisi Kulit, Kamu Termasuk yang Mana?

Pernahkah kamu mendengar istilah stres pada kulit? Sebagian besar orang percaya rasa frustasi dan tidak nyaman hanya bisa dialami pikiran atau otak. Padahal, stres pada kulit juga bisa membawa dampak yang tak kalah serius pada manusia.

Banyak orang yang menganggap, kemunculan stres ditandai oleh jerawat. Ternyata enggak hanya itu. Ada banyak tanda stres yang ditunjukkan oleh kondisi kulit, baik stres ringan ataupun berat. Semuanya harus diwaspadai dan diatasi sedini mungkin agar tidak membawa dampak buruk.

Melansir Healthline, saat stres ada hormon kortisol yang dilepaskan sebagai respon tubuh terhadap tekanan. Nah, hormon inilah yang membuat keseimbangan tubuh menjadi menurun, dan bisa dilihat dari kondisi kulit. Kalau kamu penasaran seperti apa tanda-tanda stres yang ditunjukkan oleh kondisi kulit, berikut ini penjelasannya.

1. Muncul Iritasi pada Kulit

1. Muncul Iritasi pada Kulit Stres Kulit (via GenPi)

Kondisi pertama yang ditunjukkan adalah terjadinya iritasi dan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah. Kemudian, permasalahan kulit mulai bermunculan seperti eksim atopik, psoriasis dan rosacea, kulit memerah, gatal, bersisik, hingga menebal.

Umumnya hal ini sering diabaikan oleh pemilik kulit karena dianggap bukan masalah serius. Padahal jika tidak diatasi sejak awal, maka masalah kulit akan berlangsung menahun, bahkan semakin parah dan mengganggu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"