3 Sumber Kebahagiaan yang Melulu Soal Ketenaran dan Material

3 Sumber Kebahagiaan yang Melulu Soal Ketenaran dan Material

Sangatlah penting untuk menemukan sumber kebahagiaan dalam hidup kamu yang gak terikat pada orang atau barang. Ya karena kamu gak bisa selalu bergantung pada "orang" atau "barang" gengs. Gak akan ada habisnya kalau diturutin. Kebahagiaan karena ketenaran atau material semata sifatnya cuma sementara. Sebentar banget gitu deh. Kamu harus nyari yang lebih lagi dan lagi.

Orang juga datang dan pergi. Kamu gak bisa bergaul dengan orang yang sama. Seumur hidup sama orang itu-itu aja. Pasti berganti-ganti, atau hanya sedikit yang tinggal. Hubungan berubah: orang bergerak, orang berganti pekerjaan, orang mati, atau orang kehilangan kontak seiring waktu.

Banyak hal material juga datang dan pergi. Perhiasan yang akhirnya membosankan dan biasa aja. Gadget baru jadi usang. Barang-barang ewah yang mungkin harus kamu jual. Kamu bisa kehilangan banyak hal dan jadi biasa aja pada barang-barang yang awalnya jadi sumber bahagia.

Berikut adalah 3 sumber kebahagiaan yang tidak terkait dengan orang atau barang. Juga ketenaran dan materi lainnya.

1. Mempelajari hal-hal baru

1. Mempelajari hal-hal baru Mempelajari hal-hal baru (thejakartapost.com)

Salah satu sumber utama kebahagiaan yang bisa kamu dapat adalah mempelajari hal-hal baru. Selalu ada lebih banyak hal untuk dipelajari dan dieksplorasi di dunia ini. Kamu bisa mencari pengetahuan tentang segala macam topik dan subjek: psikologi, musik, ekonomi, politik, sejarah, dan filsafat.

Belajar adalah sesuatu yang bisa sangat memuaskan. Bahkan belajar tentang sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan kamu secara pribadi dapat menjadi cara yang bagus untuk memasuki dunia baru dan mengembangkan diri sebagai manusia.

Rasanya senang bisa lebih memahami dunia dan cara kerjanya. Ada kesenangan dan kepuasan yang besar hanya dengan mempelajari sesuatu yang baru setiap hari. Tentang apa saja, tetapi terutama hal-hal yang kamu sukai dan minati.

Semangat belajar dan mendapat kepuasan dari pengetahuan.

2. Mengejar tujuan yang kreatif dan bermakna

2. Mengejar tujuan yang kreatif dan bermakna Goal positf (qz.com)

Sumber kebahagiaan besar lainnya adalah mengejar tujuan yang bermakna. Termasuk tujuan di luar pekerjaan dan kehidupan rumah, yang bisa berarti apa saja. Misalnya membuat lagu, untuk memulai blog, hingga mengambil fotografi, membuat makanan yang enak.

Adalah sehat untuk memiliki tujuan yang kamu kejar hanya untuk diri sendiri dan kesenangan serta kepuasan sendiri. Misalnya ketika kamu merasa stres dan tertekan dengan hidup. Kamu bisa melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan. Menari, bermain musik, berkebun atau apapun yang kamu sukai. Baik untuk dirimu sendiri.

Kalau kamu belum punya hal yang disukai untuk istirahat dan menyenangkan diri sendiri, carilah itu. Apapun yang bikin kamu bahagia dan senang.

3. Berhenti untuk merenung dan menghargai

3. Berhenti untuk merenung dan menghargai Menikmati hari (inspiringtips.com)

Kalau kamu gak bisa berhenti, berefleksi, dan menghargai kehidupan setiap saat, maka akan sulit untuk menemukan kebahagiaan dalam jumlah berapa pun.

Kadang kamu harus belajar cara biar bisa menghargai hal-hal sebagaimana adanya, tanpa selalu ingin mengubahnya. Temukan kebahagiaan dalam hal-hal sederhana. Misalnya hanya duduk santai di tepi kolam atau meminum coklat hangat di rumah.

Kalau kamu gak bisa menemukan kepuasan dalam pengalaman sehari-hari dalam hidup, maka mungkin kamu kesulotan menemukan banyak kepuasan dengan sisa hidup yang ada.

3 hal itu bukan satu-satunya sumber kebahagiaan. Tetapi membantu memiliki banyak sumber kebahagiaan, terutama yang tidak selalu terikat pada ketenaran dan materi. Kamu hanya membutuhkan dirimu sendiri untuk merasa bahagia dengan tiga hal di atas.

Selamat menemukan ya gengs...

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"