Kayak Jessica Mila, Begini Aturan Orang Bukan Batak Dapat Marga Jelang Pernikahan

Kayak Jessica Mila, Begini Aturan Orang Bukan Batak Dapat Marga Jelang Pernikahan

Jessica Mila memiliki nama baru sebagai nama marga Batak. Jessica Mila Damanik. Nama Jessica Mila Damanik tercantum dalam undangan pernikahan dengan Yakup Hasibuan. Jessica Mila menikah dengan pria Batak. Ia sendiri bukan orang Batak. Tambahan nama marga Damanik diberikan jelang pernikahan dengan Yakup Hasibuan.

Jessica Mila yang kini berusia 30 tahun lahir di Aceh. Ayahnya berdarah Taiwan dan Jawa sementara ibunya memiliki keturunan Belanda dan Minahasa. Nama marga Damanik yang disematkan kepada Jessica Mila berasal dari Marga ibu Yakup Hasibuan istri Otto Hasibuan yang bernama Normawati Damanik.

Prosesi yang dilakukan Jessica Mila adalah mangain. Mangaian merupakan tradisi pemberian marga kepada orang yang bukan keturunan Batak seperti Jessica Mila. Ada yang menyebut proses beli marga ini tidak murah karena harus mengeluarkan uang yang besar. Seperti apa prosesinya?

Kayak Jessica Mila, Begini Aturan Wanita Dapat Marga Batak (Indozone)

Prosesi Mangain yang dilakukan Jessica Mila sebelum menikah dijelaskan bahwa seluruh aspek ada dalam falsafah Dalihan Na Tolu yang dihadirkan berserta dongan sahuta. Acara pemberian marga baru bisa dimulai bersamaan dengan pemberian marga kepada pihak orangtua yang menyiapkan makanan sebanyak tiga kali, lalu memberikan ulos kepada anak yang akan diberikan marga.

Selanjutnya pihak saudara laki-laki dari ibu akan memberikan seeokor ikan sebagai persembahan adat. Dalam prosesi pemberian ikan itu juga diberikan ulos. Kemudian akan ada nasehat-nasehat yang diberikan untuk orang yang mendapatkan marga Batak itu. Nasehat itu sangat penting untuk dilaksanakan oleh orang yang mendapat marga Batak.

Barulah acara terakhir adalah makan bersama sembari memberikan uang mangain kepada saudara satu marga, saudara, ibu, dan teman sekampung. Mungkin pemberian uang inilah yang dianggap masyarakat Indonesia sangat mahal dalam prosesi pemberian marga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"