Hanya ada di Sumatera Utara, Ini 3 Tradisi Suku Batak yang Unik Banget

Hanya ada di Sumatera Utara, Ini 3 Tradisi Suku Batak yang Unik Banget

Tahukah kamu bahwa ada tradisi Suku Batak yang unik banget? Faktanya, Indonesia memang terkenal akan beragam budaya dan tradisi yang menarik, termasuk di antaranya beberapa kebiasaan masyarakat yang hanya akan  ditemukan di Sumatera Utara.

Sebagai informasi, Suku Batak merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia yang mendiami sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Sama seperti suku-suku lainnya, suku Batak juga memiliki tradisi tersendiri yang khas dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Keragaman juga terlihat karena Suku Batak terdiri dari beberapa sub-etnis yang memiliki perbedaan budaya, bahasa, dan tradisi. Sub-etnis Batak yang paling terkenal adalah Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak, Batak Mandailing, dan Batak Angkola, yang masing-masing punya keunikan sendiri.

Dengan budaya Batak kaya dan beragam, mereka memiliki tradisi adat yang kuat dan dijaga dengan tekun.  Kalau kamu penasaran, berikut ini sejumlah tradisi suku Batak yang unik yang hanya bisa kamu jumpai di Sumatera Utara. Apa saja?

1. Lompat Batu

1. Lompat Batu Tradisi Suku Batak (Warisan Budaya Takbenda)

Tradisi unik suku Batak yang pertama adalah lompat batu atau bisa disebut dengan Hombo Batu. Tradisi yang satu ini cukup populer di Desa Mataluo Nias, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Sejak dahulu, Nias memang terkenal dengan peninggalan megalitikum berupa batu berukir yang digunakan untuk menentukan apakah seorang laki-laki sudah dewasa atau belum.

Di Sumatera Utara, seorang pria disebut sudah dewasa jika berhasil melewat batu setinggi dua meter tersebut dengan cara melompatinya. Begitu pula dengan lelaki yang hendak menikah, dia juga harus melakukan tradisi Hombo Batu dengan mengenakan pakaian adat Nias.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"