Waktu Olahraga Saat Puasa, Ini Jam yang Paling Tepat Melakukannya

Waktu Olahraga Saat Puasa, Ini Jam yang Paling Tepat Melakukannya

Puasa sebentar lagi. Jangan lupa meski kita berpuasa namun harus tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga. Waktu olahraga saat puasa juga perlu jadi pertimbangan supaya tidak membuat orang berpuasa jadi tambah lemas setelah berolahraga hingga mengganggu ibadah puasa itu sendiri.

Olahraga saat puasa bisa memperbaiki mood dan menjaga emosi supaya tetap stabil. Metabolisme tubuh akan membuat hormon bekerja dengan maksimal. Sebab ketika seseorang berolahraga tubuh akan mengeluarkan endorfin, hormon yang memicu rasa gembira dan bahagia. Alhasil setelah olahraga pikiran akan jadi nyaman.

Terkadang berpuasa membuat tubuh jadi lemas. Belum lagi ada rasa kecemasan kapan karena perut lapar. Namun bukan berarti puasa  tidak boleh melakukan olahraga. Seab melakukan olahraga bisa mengurangi beban pikiran atau psikologis orang yang sedang berpuasa. Olahraga saat puasa juga mengurangi risiko penurunan otot atau penurunan fisik. Berikut ada 3 waktu yang paling tepat dilakukan seseorang untuk melakukan olahraga.

Waktu Olahraga Saat Puasa (Kumparan)

Olahraga Sebelum Buka Puasa

Waktu olahraga saat puasa harus diatur dengan benar. Termasuk melakukan olahraga sebelum buka puasa. Olahraga ini dilakukan pada sore hari sekitar pukul 4 sore. Untuk melakukan olahraga sebelum buka puasa tidak sembarangan karena kondisi perut sangat kosong karena berjam-jam tidak masuk asupan dan minuman sebagai cairan tubuh.

Makanya pilih olahraga yang intensitas rendah supaya gula darah tidak turun. Olahraga yang bisa dilakukan adalah jalan kaki, jogging ringan, bersepeda, berenang, dan yoga. Selesai olahraga langsung buka puasa sehingga cairan tubuh yang hilang tergantikan dan tubuh mendapatkan energi baru.

Olahraga Setelah Buka Puasa

Untuk olahraga setelah buka puasa juga dilakukan. Biasanya orang setelah buka puasa akan merasa kenyang karena perut terisi penuh makanan sehingga jadi mengantuk. Untuk olahraga setelah buka puasa sebaiknya dimulai satu jam setelah selesai makan buka puasa. 

Tapi perlu diketahui bahwa saat akan olahraga setelah buka puasa, diusahakan tidak makan terlalu banyak ketika berbuka puasa untuk menghindari perut yang kenyang. Jangan lupa banyak minum sebagai tambahan asupan tubuh. Setelah olahraga bisa menyantap seperti buah untuk membuat tubuh jadi segar kembali.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"