Tips Aman Naik Sepeda Lewat Tanjakan

Tips Aman Naik Sepeda Lewat Tanjakan

Saat berolahraga sepeda jalur yang dilewati berbeda-beda. Bahkan sering melewati jalan yang menanjak. Tentu tips naik sepeda lewat tanjakan harus diketahui pesepeda supaya tidak mengalami hal-hal yang tidak dinginnkan, salah satunya mengalami kelelahan.

Sebenarnya ada langkah yang dilakukan pesepeda supaya tidak mengalami kelelahan saat melewati tanjakan. Kuncinya ada pada penggunaan gigi sepeda dengan baik, mengatur pernapasan, dan memiliki sepeda yang tepat. Sebelum melewati tanjakan siapkan tenaga yang cukup misalnya minum atau makan agar tidak mengalami kelelahan. 

Kemudian posisi tubuh juga harus diperhatikan. Saat lewat tanjakan tubuh memerlukan oksigen yang tidak sedikit. Maka memungkinkan otot diagframa dada berkembang dan mengempis, sehingga saat mengambil oksigen bisa dilakukan dengan melebarkan sedikit kedua siku tangan keluar. Sebab jika siku tangan rapat dengan tubuh mala otot latissimus dorsi mengetat dan membatasi pernapasan, sehingga pesepeda cepat lelah.

Tips Naik Sepeda Lewat Tanjakan (IDN Times)

Tips naik sepeda lewat tanjakan juga dibutuhkan penggunaan posisi gigi sepeda ke paling ringan. Menempatkan gir belakang pada gir terbesar dan gir depan pada gir kecil. Dengan cara ini pesepeda akan mengayuh sepeda lebih ringan meskipun kaki harus terus cepat mengayuh sepeda.

Menjaga pola kayuhan pedal juga menjadi tips saat lewat tanjakan. Saat melintas tanjakan usahakan kayuhan pedal di atas 70rpm. Sebelum menanjak juga pesepeda mengambil ancang-ancang atau menyiapkan organ-organ tubuh seperti kaki supaya tidak merasa berat ketika mengayuh sepeda.

Pola napas harus diatur saat menanjak. Mengatur pola napas sangat penting supaya pasokan oksigen pada otot-otot yang sedang bekerja tetap terjaga dengan baik. Guna mencapai tujuan tersebut kamu perlu mengusahakan agar bagian pinggul tetap dekat dengan bagian belakang sadel saat duduk. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"