TERPECAHKAN! Alasan Pesepeda Road Bike Sering Berkelompok Saat Olahraga

TERPECAHKAN! Alasan Pesepeda Road Bike Sering Berkelompok Saat Olahraga

Jumlah orang yang berolahraga sepeda road bike cukup banyak. Komunitas ini mudah ditemui di jalan-jalan dan menarik perhatian karena sering bergerombol atau berkelompoksaat berjalan. Ciri khas itu ternyata bukan tanpa alasan loh. Sebenarnya berolahraga sepeda road bike bukan termasuk olahraga ringan.

Menurut Tino Latuheru sebagai biker dan trainer sepeda road bike dilansir dari detikHealtth menjelaskan bahwa pesepeda road bika adalah orang-orang yang sudah terlatih dan siap secara fisik, termasuk menghadapi cidera, kelelahan, hingga gangguan teknis terkait sepeda road bike mereka.

Karena berolahraga sepeda road bike memiliki banyak risiko membuat para pesepeda lebih senang untuk bergerombol ramai-ramai ketika sedang berolahraga dibandingkan sendiri-sendiri berjalan, minimal 5 orang dalam satu rombongan. “Kalau tidak siap lebih baik jangan olahraga sepeda road bike karena membutuhkan konsentrasi,” kata Tino.

Pesepeda Road Bike Sering Berkelompok Saat Olahraga (Rakyat Merdeka)

Sebelum memulai berolahraga sepeda road bike, Tino menyarankan untuk istirahat lebih dulu sebelum berolahraga. Kemudian melakukan pemanasan. Alasan pesepeda road bike berkelompok supaya ketika ada salah satu rekan mereka yang membutuhkan bantuan, maka rekan pesepeda lain bisa cepat membantu.

Para pesepeda road bike di jalan-jalan protokol di Jakarta misalnya yang sudah disediakan jalur khusus sepeda, biasanya tidak menggunakan jalan tersebut. Mereka memilih memakai jalur kendaraan karena kecepatan sepeda road bike yang cukup kencang, sementara batas maksimal kecepatan di jalur khusus sepeda hanya 25 km/jam saja.

Banyak pesepeda road bike yang saat berjalan mengayuh sepeda sangat cepat sampai angka 30 km/jam, hingga 40 km/jam bahkan 50 km/jam. Diimbau pengendara kendaraan lain seperti motor dan mobil untuk tetap waspada ketika bertemu kelompok-kelompok pesepeda road bike lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"