5 Hal yang Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Road Bike untuk Pemula

5 Hal yang Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Road Bike untuk Pemula

Sepeda road bike adalah salah satu jenis sepeda yang banyak dipilih untuk melakukan olahraga bersepeda. Bagi pemula yang mau memulai bermain sepeda road bike atau sepeda balap, harus membeli sepeda terlebih dulu. YouTuber Dony Adhika membagikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli sepeda road bike.

Mengecek Harga

Selain YouTuber, Dony adalah seorang yang hobi bersepeda road bike. Melansir dari kanal YouTube Dony Adhika, Dony mengatakan langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli sepeda road bike adalah harga sepeda. Harga sepeda disesuaikan dengan budget atau uang yang seseorang miliki.

“Misalnya budget-nya Rp 5 jutaan, Rp 10 jutaan, Rp 15 jutaan, semua ada jenis sepedanya sesuai budget tersebut,” kata Dony. Dony juga memberikan saran jika ada yang ingin membeli sepeda road bike bekas atau barang second. Sebab banyak sepeda second yang harganya murah namun kualitasnya masih bagus. “Kalau beli barang second harus pintar-pintar memilihnya,” jelas Dony.

Membeli Sepeda Road Bike (BukaReview)

Model Sepeda

Sebelum membeli sepeda road bike juga harus mengetahui soal model yang ingin dibeli. Memang rata-rata sepeda road bike memiliki model yang sama. Meskipun tiap merek sepeda memiliki kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang berbeda-beda. Dony mengatakan saat memilih sepeda road bike harus teliti dan disesuaikan dengan model yang disuka. Sepeda road bike sangat cocok digunakan di kondisi jalan dengan aspal yang cukup bagus.

Ukuran Sepeda

Melihat ukuran atau size sepeda kadang tidak dipikirkan oleh orang yang akan membeli sepeda road bike. Sebab ukuran sepeda harus disesuaikan dengan postur tinggi pemakainya. Jangan sampai postur tubuh tinggi memiliki ukuran sepeda yang kecil atau sebaliknya. Makanya setelah ukuran sepeda dipilih jangan lupa untuk mencobanya ketika membeli.

Siapkan Perlengkapan Tambahan

Saat mau bersepeda road bike yang harus diperhatikan adalah perlengkapan lain untuk menunjang sepeda. Dony mengatakan beberapa perlengkapan yang harus wajib dimiliki sebelum bersepeda road bike adalah helm, topi, pedal sepeda, sepatu, hingga jersey. Untuk jersey sepeda road bike memang cenderung ketat.

Jersey sepeda yang ketat untuk mencegah keluar keringat yang membasahi pakaian saat bersepeda. Saat bersepeda di luar ruangan seorang pesepeda akan terkena angin. Angin merupakan “musuh” seorang pesepeda karena bisa menghambat jalan sepeda. Penggunaan jersey model ketat itu bisa mengurangi tekanan angin.

Memakai jersey pesepeda model ketat dan tertutup membuat angin tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai seorang pesepeda malah masuk angin setelah bersepeda. Justru pesepeda yang memakai baju model longgar dan tidak ketat bisa membuat angin masuk ke dalam tubuh



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"