Istilah dalam Sepeda Road Bike: TTB, Matador, Sampai Gocapan

Istilah dalam Sepeda Road Bike: TTB, Matador, Sampai Gocapan

Sepeda road bike adalah jenis sepeda yang sedang digemari masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Bagi kamu yang mau mendalami olahraga tersebut wajib mengetahui beberapa istilah road bike . Istilah dalam road bike antara lain peloton, cadence, TTB, gocapan, loncer, sampai loading. Berikut artinya istilah-istilah itu.

Peloton

Peloton ada hubungannya dengan iring-iringan pesepeda road bike. Pernah kan melihat romongan pesepeda road bike berjalan beriringan sekitar 1-2 baris. Rombongan tersebut kadang dikawal oleh petugas kepolisian. Rombongan pesepeda road bike ini dipimpin oleh seorang captain yang berada di barisan terdepan.

Banyak pesepeda road bike yang saat berjalan mengayuh sepeda sangat cepat sampai angka 30 km/jam, hingga 40 km/jam bahkan 50 km/jam. Diimbau pengendara kendaraan lain seperti motor dan mobil untuk tetap waspada ketika bertemu kelompok-kelompok pesepeda road bike lainnya.

Istilah Road Bike (Kompas.com)

TTB

TTB adalah istilah road bike . TTB ada hubungannya dengan kesehatan seorang pesepeda. Banyak pesepeda road bike yang gengsi, sebenarnya sudah lelah namun memaksakan diri. Akhirnya tubuhnya malah menjadi lelah. TTB adalah singkatan dari Tuntun Bike.

TTB biasanya dilakukan oleh pesepeda yang sudah mengalami kelelahan. Bukannya mengayuh sepeda akhirnya menuntun sepeda. TTB juga dilakukan ketika pesepeda melewati sebuah tanjakan yang curam. 

Matador

Matador merupakan istilah road bike yang tidak ada hubungannya dengan profesi manusia lawan banteng di Spanyol. Matador ada hubungannya dengan TTB yakni kepanjangan dari manggihan tanjakan dorong. Biasanya para matador dalam road bike tidak gengsi sama sekali dan memilih menuntun sepeda daripada mengalami kejadian yang tidak diinginkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"