Tangan Sering Gemetar Setelah Olahraga? 5 Kondisi Ini Kemungkinan Jadi Penyebabnya

Tangan Sering Gemetar Setelah Olahraga? 5 Kondisi Ini Kemungkinan Jadi Penyebabnya

Olahraga  merupakan aktivitas yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Walau demikian, bukan berarti olahraga tidak punya efek samping yang bisa mengganggu keseharian. Salah satu efek yang sering terjadi adalah tangan gemetar setelah olahraga.

Beberapa dari kamu mungkin ada yang pernah mengalaminya. Meski bukan suatu kondisi yang berbahaya, keadaan ini tentu bisa mengganggu aktivitas, terlebih jika terjadi berkelanjutan. Lantas apa penyebabnya? Berikut 5 penyebab tangan gemetar setelah olahraga dilansir dari Healthline.

1.    Tangan Menahan Beban Terlalu Lama

Penyebab pertama tangan gemetar setelah olahraga adalah menahan beban terlalu lama. Kondisi ini terjadi ketika kamu melakukan olahraga yang mengharuskan tangan menahan beban dalam waktu yang terlalu lama. Saat menahan beban maka unit motorik dipaksa bekerja ekstra. Oleh karena itu, tangan bisa gemetar setelah olahraga.

2.    Gula Darah Rendah

Foto: Ilustrasi Olahraga (Merdeka.com)

Seperti diketahui, glukosa (gula darah) dimanfaatkan otot sebagai sumber energi. Saat berolahraga, tentu glukosa dalam tubuh juga ikut terkuras apalagi kalau kamu memilih olahraga dengan kecepatan intens dan durasinya lama.

Semakin banyak glukosa yang terkuras, maka semakin besar kemungkinan kamu mengalami hipoglikemia alias kadar gula darah terlalu rendah. Kondisi ini bisa membuat otot, saraf dan otak kehilangan bahan bakar sehingga salah satu gejala yang dirasakan adalah tangan gemetar.

3.    Kelelahan Otot

Kelelahan otot juga bisa membuat tangan gemetar setelah olahraga. Selama menjalani aktivitas fisik, maka sistem saraf pusat (SSP) memberikan sinyal kepada unit motorik untuk mengontraksikan otot. Semakin lama kamu olahraga, maka sinyal SSP ke unit motorik akan melambat dan kurang intens.

Perubahan ini yang membuat otot mengalami kontraksi maupun relaksasi secara cepat sehingga bisa menyebabkan kelelahan. SSP bisa kehilangan kendali untuk menggerakkan otot secara paksa. Akibatnya, tangan bisa gemataran bahkan sampai timbul rasa nyeri.

4.    Dehidrasi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"