Sosok yang Berjasa Bawa Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia

Sosok yang Berjasa Bawa Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia

Shin Tae-yong resmi menjadi pelatih timnas Indonesia sejak akhir tahun 2019. Sosok mantan Ketua Umum PSSI M.Iriawan atau Iwan Bule menjadi sosok penting dalam perekrutan pelatih yang akrab disapa STY ini.

Iwan menunjuk STY sebagai pelatih dalam rapat Exco dalam menentukan pelatih kepala Timnas Indonesia. STY mengemban tugas untuk melatih Timnas Indonesia Senior, U-23, dan U-19/U-20. Kontrak yang diberikan PSSI cukup panjang selama 4 tahun hingga akhir 2023.

“Pada tahun 2019 kami para EXCO rapat mencari sosok pelatih Timnas dari luar negeri yang bisa memajukan persepakbolaan Indonesia di level internasional dan yang pas dengan karakter para pemain kita, orang Asia,” ujar STY kepada wartawan belum lama ini.

M.Iriawan Mantan Ketua Umum PSSI (CNN Indonesia)

Iwan menambahkan selain STY PSSI sempat bertemu dengan beberapa pelatih sebagai calon pelatih Timnas Indonesia. Dari beberapa calon nama, STY disepakati menjadi pelatih untuk Timnas Indonesia.

“Ketika ada beberapa pelatih yang paparan di depan kita saat di Malaysia kala itu. Semua pengurus PSSI periode 2019-2023 bekerja bukan saya saja, sehingga pilihan akhirnya jatuh kepada pelatih Shin Tae-yong,” tambah Iwan.

Setelah resmi menjadi pelatih memang STY membutuhkan waktu untuk adaptasi. Pada tahun 2020 praktis STY tidak terlalu banyak melakukan tugas karena pandemi COVID-19. Pertama kali STY terlihat memimpin Indonesia di tahun 2021 khususnya di ajang Piala AFF 2021 kala itu Indonesia masuk final namun kalah dari Thailand.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"