Profil Sirkuit International Buddh yang Bikin Pembalap MotoGP India Was-was

Profil Sirkuit International Buddh yang Bikin Pembalap MotoGP India Was-was

MotoGP India akan berlangsung pada Minggu (24/9) di Sirkuit International Buddh. Untuk pertama kalinya sirkuit ini digunakan untuk balapan MotoGP. Sebelumnya sirkut dengan panjang 4,96 kilometer dan lebar 12 meter ini pernah digunakan untuk ajang Grand Prix Formula 1 pada 2011-2014 namun terhenti karena masalah pajak.

Sirkuit Buddh berada di Uttar Pradesh tepatnya di Yamuna Expy, Jaypee Sports City. Sirkuit ini dimiliki pihak swasta di India yakni Jaypee Group.Sirkuit yang pembangunannya memakan biaya sampai 280 juta dolar AS memiliki kapasitas penonton mencapai 110.000 tempat duduk. Sirkuit ini dikelola oleh Jaypee Sports International Limited.

Selain pernah jadi tuan rumah Grand Prix Formula 1, Sirkuit Buddh juga perna menggelar ajang balap motor Asia Road Racing Championship tahun 2016. Sirkuit ini tidak digunakan sebagai ajang balapan selama tujuh tahun. Namun pengelola sirkuit memutuskan melakukan proses renovasi di beberapa bagian.

Sirkuit International Buddh MotoGP India (Tribunnews.com)

Sirkuit International Buddh ini memiliki keunikan. Di dekat sirkuit kabarnya masih ada hewan-hewan berbisa seperti ular. Selain itu kondisi sirkuit dengan beberapa tikungan yang cukup membahayakan pembalap seperti di tikungan 2 dan 3 karena memiliki jara dekat dengan dindin pembatas yang sangat dekat.

Risiko yang bisa dihadapi pembalap adalah bisa kecelakaan di tikungan 2 dan tikungan 3. Pembalap tentu akan melakukan latihan beberapa hari sebelum MotoGP India berlangsung, termasuk Sprint Race pada Sabtu (23/9). Selain faktor tikungan 2 dan 3 yang berbahaya, ada juga masalah lain yang muncul sebelum balapan dimulai.

Sebab sirkuit ini memiliki lintasan lurus sepanjang 1.0006 meter, sembilan tikungan ke kanan, dan lima tikungan ke kiri. Dengan kondisi seperti itu Sirkuit Buddh dianggap lebih cocok sebagai arena balap mobil dibanding motor. Pada race MotoGP India akan berlangsung sebanyak 24 lap, sementara 19 lap untuk Moto2, dan 17 lap untuk Moto3.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"