5 Sirkuit MotoGP Terbaik di Dunia, Ternyata Ada yang dari Asia

5 Sirkuit MotoGP Terbaik di Dunia, Ternyata Ada yang dari Asia

Balapan MotoGP selalu diadakan di lintasan balap atau sirkuit. Masing-masing sirkuit MotoGP memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Ada yang terkenal dengan tikungan tajamnya, lintasan yang sangat panjang, jumlah kapasitas penonton yang banyak, hingga sirkuit dengan pemandangan yang sangat indah.

Di Indonesia sendiri terdapat Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Meskipun baru sekali jadi tuan rumah seri balap MotoGP namun para pembalap sudah memuji kualitas dan keindahan Mandalika yang berada di pesisir pantai. Lalu sirkuit MotoGP mana saja yang masuk dalam kategori paling baik?

Sirkuit Internasional Losail

Di urutan pertama ada Sirkuit Internasional Losail yang berada di Doha, Qatar. Sirkuit yang dibangun pada tahun 2003 dan mulai dipakai untuk balapan pada tahun 2004 memang menjadi sirkuit paling indah yang ada di dunia saat ini. Sirkuit ini unik karena berada di padang pasir, sehingga di beberapa bagian sirkuit dibuat rumput buatan untuk mencegah masuknya pasir masuk ke lintasan balap.

Setiap balapan MotoGP di sirkuit ini selalu berlangsung pada malam hari. Sebab bukan tanpa alasan karena suhu udara di sirkuit Losail saat siang hari sangat panas dan banyak pasir yang berterbangan kala siang hari. Hal itu tentu bisa mengganggu pembalap yang sedang balapan. Karena dilangsungkan malam hari, maka butuh daya listrik sebesar 13 Megawatt, 44 generator sebagai pembangkit listrik, dan 3.600 bola lampu untuk menerangi lintasan. 

Sirkut MotoGP (MotorPlus)

Sirkuit Assen

Kemudian sirkuit MotoGP yang dikenal memiliki kualitas baik adalah Sirkuit Assen di Belanda. Sirkuit ini menurut sejarah dibangun pada 1955 dengan panjang 4,5 km dengan 18 tikungan. Pada tribun penonton, sirkuit ini mampu menampung sebanyak 110 ribu orang. Sirkuit ini dianggap baik karena tingkat kecelakaan yang minim karena konstruksi lintasan yang baik.

Pada tahun 1999 sirkuit ini kemudian menjalani proses renovasi dengan penambahan beberapa fasilitas seperti tribun penonton, menara kontrol, dan tempat peliputan media. Pada 25 Juni 2023 mendatang sirkuit ini akan jadi tuan rumah seri MotoGP. 

Sirkuit Brno

Sirkuit ini ada di Republik Ceko. Sirkuit ini ada di dataran tinggi yang indah karena berada di kawasan perbukitan dan hutan. Para penonton dan pembalap bakal senang setiap menggelar balapan karena bisa cuci mata dengan pesona alam di sekelilingnya. Sayangnya Brno tak lagi jadi tuan rumah sejak 2021 lalu karena pandemi COVID-19. Masalah finansial diduga jadi masalah yang membuat pembiayaan sirkuit jadi terkendala. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"