Patut Dilakukan Secara Rutin! 5 Jenis Olahraga Ini Bermanfaat Untuk Menguatkan Tulang

Patut Dilakukan Secara Rutin! 5 Jenis Olahraga Ini Bermanfaat Untuk Menguatkan Tulang

Tulang  merupakan salah satu anggota tubuh yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Bagaimana tidak, keberadaannya sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, seiring bertambahnya usia maka kepadatan tulang akan mengalami penurunan. Kondisi ini tidak dapat dihindari.

Akan tetapi, hal ini bisa diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium serta melakukan olahraga  yang memperkuat tulang. Berikut 5 jenis olahraga yang terkenal bisa menjaga kepadatan tulang. Apa saja olahraga untuk tulang itu? Scroll yuk

1.    Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga yang paling murah. Jenis olahraga ini bisa dilakukan di mana saja tanpa harus mengeluarkan uang. Rupanya, jogging juga merupakan olahraga yang baik untuk tulang. Jogging setidaknya empat jam dalam seminggu mampu menurunkan risiko patah tulang pinggul sebesar 41 persen. Meski begitu, kecepatan dan intensitas jogging juga perlu disesuaikan dengan tingkat kebugaran kamu saat ini. Jadi jangan terlalu memaksakan diri ya!

2.    Hiking

Foto: Olahraga Tulang (SehatQ)

Jalan yang menanjak atau menurun saat hiking juga mampu memperkuat otot dan meningkatkan kepadatan tulang, terutama di bagian pinggul. Selain memperoleh manfaat kesehatan, hiking juga bisa melepaskan stres karena kamu bisa melihat pemandangan indah dan bertemu orang-orang baru. Tapi, untuk kamu yang memiliki kondisi kesehatan seperti masalah jantung, tekanan darah tinggi, diabetes atau obesitas, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter sebelum memulai jenis olahraga ini ya.

3.    Menari

Jenis olahraga tarian seperti salsa, samba, zumba, dan tango banyak menggunakan pinggul. Kegiatan ini juga membantu jantung memompa lebih keras. Tidak hanya itu, menari juga membangun tulang agar semakin kuat jika kamu rutin melakukannya. Aerobik dan kickboxing juga bisa dicoba karena melatih kekuatan otot serta tulang melalui gerakan dan langkah yang bervariasi.

4.    Latihan Kekuatan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"