Mengenal HIIT, Latihan Intensitas Tinggi Yang Dipercaya Bikin Berat Badan Turun Lebih Cepat

Mengenal HIIT, Latihan Intensitas Tinggi Yang Dipercaya Bikin Berat Badan Turun Lebih Cepat

Olahraga kardiovaskular atau yang populer disebut dengan kardio merupakan salah satu olahraga terbaik untuk membantu membakar lemak sekaligus menurunkan berat badan. Akan tetapi, jumlah dan durasi latihan kardio biasanya disesuaikan dengan masing-masing individu jadi bisa bervariasi. Sehingga setiap latihan yang sama, mungkin akan memberikan hasil yang berbeda-beda. 

Latihan kardio pun harus dilakukan dengan tepat agar efektif menurunkan berat badan. Olahraga kardio pun bisa dilakukan selama 150 menit aktivitas aerobik sedang, seperti berjalan cepat atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi, seperti berlari. Tapi sayangnya, sebagian besar orang tidak punya banyak waktu untuk melakukan latihan secara penuh. 

Sehingga mereka menjadi ragu memilih olahraga kardio untuk membantunya menurunkan berat badan. Namun tidak perlu khawatir, karena ada solusi buat kalian yang super sibuk yakni dengan melakukan HIIT atau High Intensity Interval Training. Olahraga ini membawa latihan kardio ke level yang lebih tinggi, di mana latihan ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Olahraga HIIT (Parapuan)

Tapi, mampu memberikan hasil yang sama efektifnya dengan latihan kardio 75 menit. Maka dari itu, kamu pun harus bekerja lebih keras dibandingkan latihan kardio biasa. Umumnya, HIIT berdurasi hanya 10 sampai 30 menit. Walaupun singkat, tapi olahraga ini juga mampu menghasilkan manfaat kesehatan seperti dua kali lipat latihan intensitas sedang. 

Untuk aktivitas HIIT sendiri bervariasi, mulai dari lari cepat, bersepeda, lompat tali atau latihan beban. Latihan ini pun terbagi dari beberapa kecepatan, misalnya bersepeda secepat mungkin dengan resistensi tinggi, diikuti beberapa menit bersepeda lambat, kemudian meningkatkan kecepatan kembali. 

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga ini diantaranya membakar banyak kalori dalam waktu yang relatif singkat, menurunkan kadar gula darah, mengurangi lemak tubuh dan ukuran pinggul secara efektif sampai menurunkan denyut jantung dan tekanan darah tinggi terutama pada orang dengan kelebihan berat badan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"