Manfaat Lari Pagi: Ini Contoh 10 Manfaatnya

Manfaat Lari Pagi: Ini Contoh 10 Manfaatnya

Kesehatan itu kalau kata orang harganya mahal, ya emang iya, dan gimana caranya menjaga tubuh kita agar tetap sehat? Ya salah satunya dengan lari pagi.

Lari pagi itu emang menyenangkan selain itu ada beberapa manfaat lari pagi yang bisa kamu dapatkan dari itu.

10 manfaat lari pagi

10 manfaat lari pagi Lari pagi (health.detik.com)

Peningkatan Produktivitas Sepanjang Hari

Manfaat lari pagi yang pertama adalah untuk meningkatkan produktivitasmu. kamu akan lebih terjaga dan siap untuk mengatasi hari kamu dengan memberi diri kamu dorongan energi ekstra. Saya pribadi merasa lebih bersemangat sepanjang hari ketika saya berlari di pagi hari, yang mengarah pada lebih banyak kreativitas dan produktivitas dalam kegiatan sehari-hari saya yang lain.

Waktu yang Hebat untuk Berpikir dan Merencanakan Hari kamu

Kedamaian yang dijelaskan di atas bisa menjadi pengaturan yang sempurna untuk memulai hari kamu. Ini adalah waktu yang tepat untuk memilah-milah dan mengklarifikasi pikiran kamu dan merencanakan kegiatan dan acara yang kamu miliki nanti. Bagi banyak orang, waktu damai ini setiap pagi menjadi sesuatu yang mereka nantikan. Saatnya bagi diri mereka untuk berpikir, merawat tubuh dan pikiran mereka, dan hanya bersantai sebelum memulai hari.

Kurang Polusi dan Panas

Dengan keluar dari pintu lebih awal, kamu mengurangi banyak buangan dan kontaminan lainnya yang dikeluarkan oleh semua mobil, bus, dan kendaraan lain di jam sibuk pagi hari. Polutan ini tidak hanya memiliki kecenderungan menumpuk di sistem kamu dari waktu ke waktu, tetapi juga membuat pernafasan saat berjalan lebih sulit. 

Selain itu, kamu akan keluar di sana ketika matahari tidak mengalahkan kamu dan suhu relatif dingin. Suhu yang lebih dingin membuat latihan menjadi lebih mudah, lebih menyenangkan, dan lebih intens.

Kurang Konflik (sukaberbagi)

Kurang Konflik

Salah satu alasan utama untuk menjalankan hal pertama dalam sehari adalah bahwa ada relatif sedikit hal yang akan mengganggu latihan kamu. Hal-hal yang tidak terduga cenderung muncul sepanjang hari. 

Jika kamu bisa berolahraga sebelum konflik yang tak terduga itu muncul, kamu akan bisa berjalan lebih konsisten setiap hari. Bukti menunjukkan bahwa 90% orang yang berolahraga secara konsisten melakukan hal pertama di pagi hari.

Peningkatan Tidur

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health menemukan mereka yang berjalan secara teratur di pagi hari menunjukkan peningkatan tidur nyenyak. 

Kualitas tidur subjektif, suasana hati, dan konsentrasi di siang hari membaik, sedangkan kantuk di siang hari menurun. Sebaliknya, karena olahraga merangsang tubuh kamu, ketika kamu berolahraga di malam hari, menjadi lebih sulit untuk sepenuhnya rileks dan tertidur lelap.

Nikmati Kedamaian Pagi

Pagi dini bagi saya, adalah waktu yang paling damai hari ini. Jalan setapak lembab karena embun, tenang dan sunyi, selimut tipis kabut turun dari air, burung-burung menyanyikan paduan suara lembut di latar belakang. Berada di sana untuk menyaksikan matahari terbit di atas cakrawala benar-benar layak untuk bangun lebih awal dengan sendirinya.

Peningkatan Metabolisme Sepanjang Hari

Berlari di pagi hari akan memulai metabolisme kamu di awal hari dan membuatnya lebih tinggi selama berjam-jam sesudahnya. Ini berarti kamu akan membakar lebih banyak kalori, tidak hanya selama berlari, tetapi juga sepanjang hari.

Meningkatkan Mood Sepanjang Hari

Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Biology, berlari akan meningkatkan semangat kamu dan membuat kamu merasa lebih positif. 

Pelari sebenarnya telah membuktikan dugaan "pelari yang tinggi," yang merupakan perasaan yang didapat orang setelah mereka menyelesaikan pekerjaan atau lari yang baik. Aktivitas daya tahan diduga menyebabkan peningkatan bahan kimia otak yang menkamukan kesenangan.

Peningkatan Pembakaran Lemak

Manfaat lari pagi yang selanjutnya ya bisa membakar lemak. Beberapa pendukung latihan hal pertama di pagi hari dengan perut kosong berpendapat bahwa itu merangsang peningkatan pembakaran lemak. 

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa simpanan glikogen kamu rendah sehingga memaksa tubuh kamu sangat bergantung pada penyimpanan lemak sebagai bahan bakar latihan kamu, dibandingkan dengan pembakaran karbohidrat untuk energinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"