Komentator Sepak Bola di Indonesia yang Punya Ciri Khas Unik, Mana Favoritmu?

Komentator Sepak Bola di Indonesia yang Punya Ciri Khas Unik, Mana Favoritmu?

Sejumlah orang terkenal menjadi komentator sepak bola di Indonesia. Masing-masing komentator mempunyai ciri khas ketika memberikan analisa dalam pertandingan. Memang kemunculan para komentator sepak bola di Indonesia membuat pertandingan jadi lebih semangat dan penonton jadi tambah seru menonton di rumah. Siapa saja komentator dengan ciri khas yang unik?

Valentino Simanjuntak

Valentino Simanjuntak atau biasa disebut “jebret” menjadi komentator sepak bola yang punya karakter. Saat memandu pertandingan liga 1 dan timnas Indonesia, Valentino Simanjuntak sangat bersemangat dengan gaya bicara yang cepat dan ceplas-ceplos. Kayaknya selama pertandingan Valentino Simanjuntak tak merasa lelah sama sekali.

Banyak kata-kata lucu yang sering diucapkan Valentino Simanjuntak saat memandu pertandingan sepak bola. Misalnya saja kata “tendangan LDR” atau berarti tendangan jarak jauh, “peluang emas 24 karat”, “Uuulaalaa”, “keretakan rumah tangga pertahanan”, “umpan kepepet”, “umpan maja” dan masih banyak lagi.

Namun saya Valentino Simanjuntak memutuskan undur diri sebagai komentator sepak bola Liga 1 setelah ada tragedi di Stadion Kanjuruhn. “Bahwa saya menyampaikan pengunduran diri sebagai Host & Komentator Program BRI Liga 1 2022/2023 terhitung sejak 2 Oktober 2022,” tulisnya di Instagram.

Komentator Sepak Bola di Indonesia (Sripoku.com)

Hadi Gunawan

Komentator sepak bola di Indonesia yang unik lainnya adalah Hadi Gunawan. Hadi Gunawan adalah komentator program sepak bola di RCTI. Hadi Gunawan biasa disebut Bung Ahay karena suka mengatakan kata “ahay” kala memandu jalannya pertandingan. Suara Bung Ahay bisa kita dengarkan kala timnas Indonesia bertanding di SEA Games 2023.

Hadi Gunawan nampak sangat semangat saat memandu pertandingan timnas Indonesia sejak babak penyisihan hingga final menegangkan saat bermain menghadapi Thailand. Kata-kata Hadi Gunawan antara lain “alhamdulillah”, “peluang emas bertabur intan permata terbuang sia-sia”, dakkdikkdukkdeeerr”, dan beberapa kata lainnya.

Rendra Soedjono

Pengganti Valentino Simanjuntak di Indosiar adalah Rendra Soedjono yang sering memandu pertandingan di Liga 1. Rendra Soedjono juga sangat semangat kala jadi komentator sepak bola. Kata yang sering dia ucapkan adalah “sangat-sangat baik”, “goooooollllllll”, dan beberapa kata lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"