JIS Masuk Daftar, FIFA Bakal Datangi 8 Stadion Calon Venue Piala Dunia U-17

JIS Masuk Daftar, FIFA Bakal Datangi 8 Stadion Calon Venue Piala Dunia U-17

Perwakilan FIFA pada akhir bulan Juli 2023 rencananya akan datang ke Indonesia untuk mendatangi beberapa stadion yang menjadi calon venue Piala Dunia U-17 2023. Stadion JIS atau Jakarta International Stadium disebut-sebut masuk dalam daftar stadion yang bakal diverifikasi FIFA.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, total ada delapan stadion yang bakal diseleksi oleh FIFA. Selain JIS ada Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, dan Stadion I Wayan Dipta Bali.

Tentunya pihak FIFA yang datang ke stadion-stadion untuk mengecek banyak hal mulai dari kondisi stadion mulai dari rumput, tribun penonton, hingga fasilitas lain, termasuk akses menuju stadion apakah memungkinkan atau tidak jika diakses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Stadion JIS Bakal Diverifikasi FIFA (Eticon Rekayasan Teknik)

Sementara itu nama Stadion JIS memang sempat jadi pro kontra beberapa waktu lalu. Kala itu stadion yang berlokasi di Jakarta Utara ini dianggap tidak layak menjadi venue Piala Dunia U-17 karena belum memiliki standar FIFA, mulai dari kondisi rumput, fasilitas penunjang, dan tempat parkir yang tidak memadai.

Kala itu orang-orang yang diduga pendukung eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menduga Stadion JIS dipolitisasi oleh sejumlah pihak dengan menyebut stadion berkapasitas 82.000 tempat duduk itu tidak layak jadi venue Piala Dunia U-17 2023. Karena seharusnya pihak FIFA yang menjelaskan layak atau tidak layaknya JIS, bukan pihak luar selain FIFA.

Sekedar informasi proses pembangunan Stadion JIS sudah cukup lama. Bermula pada tahun 2008 kala itu Gubernur DKI Jakarta saat itu Fauzi Bowo berniat untuk membangun stadion di wilayah DKI Jakarta. Di Jakarta Utara ada sebuah lahan disebut Taman BMW yang menjadi aset Pemprov DKI Jakarta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"