Ini Waktu yang Tepat Berolahraga Setelah Sembuh dari Sakit

Ini Waktu yang Tepat Berolahraga Setelah Sembuh dari Sakit

Saat kesehatan menurun akibat sakit tentu dilarang untuk melakukan aktivitas berat, salah satunya olahraga. Lalu ketika seseorang sudah sembuh dari sakit, bolehkah langsung berolahraga? Apa saja olahraga setelah sembuh dari sakit yang boleh dilakukan? Dan kapan waktu yang tepat untuk memulai olahraga kembali?

Michele Olson seorang profesor dari Universitas Montgomery menyebut jika seseorang boleh saja melakukan olahraga setelah sakit, namun harus diperhatikan pada suhu badan selama 48 jam atau dua hari setelah sembuh, apakah benar-benar sudah normal atau masih dalam kondisi demam.

Seandainya dalam 48 jam tubuh tidak demam, maka bisa dimulai aktivitas olahraga. Disarankan untuk tidak memulai olahraga dalam intensitas waktu yang langsung normal. Lakukan perlahan lebih dulu. Jika saat sehat melakukan olahraga selama 100 persen, tetapi lakukan olahraga dalam intensitas 20-30 persen pada minggu pertama. 

Olahraga Setelah Sembuh dari Sakit (Popbela.com)

Jika melakukan olahraga setelah sembuh dari sakit sudah mulai bisa dilakukan pada minggu pertama, bisa dilanjutkan pada pekan selanjutnya dengan menambah intensitas dan durasi waktu sebesar 70 persen. Ingat jangan langsung 100 persen ya. Sebenarnya bisa saja pada pekan kedua, olahraga bisa dilakukan kembali dengan normal.

Tetapi yang diperhatikan adalah jenis penyakit atau sakit yang diderita seseorang. Jika sakit masuk dalam golongan ringan seperti demam, influenza, atau batuk, tunggu waktu sekitar satu dan dua minggu baru melakukan olahraga. Namun jika sakit yang cukup berat dan parah hingga dirawat di rumah sakit, maka olahraga bisa dilakukan pada minggu ketiga setelah sembuh dari sakit.

Lantas olahraga apa saja yang boleh dilakukan setelah sembuh dari sakit? Tentunya untuk awal-awal bisa melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan khusus untuk penyakit yang ringan, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, hingga yoga. Ingat tetap melakukan olahraga-olahraga itu dalam intensitas yang cukup rendah pada pekan pertama memulainya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"