Ini Lho 5 Tips Bersepeda Saat Puasa, Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Ini Lho 5 Tips Bersepeda Saat Puasa, Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Tidak sedikit orang yang tetap olahraga saat berpuasa. Salah satu olahraga yang dilakukan adalah bersepeda. Biasanya bersepeda banyak dilakukan pagi pagi dan sore hari jelang buka puasa. Lalu seperti apa tips bersepeda saat puasa? Jalankan beberapa tips berikut ini biar tubuh tetap bugar saat berpuasa.

Jaga Asupan Cairan

Cairan dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh ketika berolahraga sepeda. Pastikan minuman atau makanan terjaga dengan baik saat dikonsumsi pada waktu buka puasa atau sahur. Untuk makanan bisa dipilih makanan yang bia meningkatkan kesehatan otot seperti makanan mengandung protein.

Untuk minuman bisa konsumsi minuman seperti jus. Minum air putih yang banyak juga bisa jadi tips. Minum air putih sekitar 2 liter saat sahur membuat cairan dalam tubuh selalu terjaga. Namun ada risiko yang bisa dirasakan pesepeda saat olahraga usai kebanyakan minum yakni sering buang air kecil ketika bersepeda.

Tips Bersepeda Saat Puasa (Alodokter)

Atur Intensitas Saat Bersepeda

Tips bersepeda saat puasa berikutnya dengan menjaga intensitas saat bersepeda. Jangan pernah menyamakan intensitas bersepeda sebelum dan saat berpuasa. Misalnya sebelum berpuasa biasanya bersepeda selama 2 jam atau setiap hari. Tentu ketika berpuasa harus ada intensitas yang diubah.

Misalnya dari bersepeda 2 jam dikurangi menjadi 45 menit hingga 1 jam. Lalu kebiasaan bersepeda setiap hari dikurangi menjadi seminggu tiga kali. Jangan pernah memaksakan diri karena bisa menyebabkan tubuh jadi lemas ketika berpuasa yang malah menganggu ibadah.

Pilih Waktu Bersepeda

Memilih waktu bersepeda saat puasa juga bisa jadi tips. Misalnya dalam sehari bisa memilih waktu bersepeda pada pagi hari, sore hari jelang buka puasa, atau malam hari setelah berbuka puasa. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Jika memiliki bersepeda pada pagi hari, tenaga masih cukup karena usai makan dan minum sahur serta udara masih sejuk.Sementara waktu bersepeda di sore hari kadang lemas karena beberapa jam tubuh tidak terisi cairan dan makanan, walaupun setelahnya bisa buka puasa. Dan bersepeda pada malam hari. Biasanya orang memilih waktu ini karena bisa bebas minum dan makan saat berolahraga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"