Hati-hati Untuk Penderita Diabetes! Perhatikan 5 Tips Aman Ini Saat Berolahraga

Hati-hati Untuk Penderita Diabetes! Perhatikan 5 Tips Aman Ini Saat Berolahraga

Olahraga  menjadi salah satu bagian penting bagi penderita diabetes . Pasalnya, olahraga bisa membantu menjaga berat tubuh ideal dan mengendalikan kadar gula darah. Namun selain jenis, durasi dan intensitas, para penderita diabetes juga perlu menjaga kadar gula darah tetap normal selama berolahraga.

Hal ini lantaran otot membutuhkan lebih banyak energi sehingga tubuh akan melepaskan cadangan gula di dalam tubuh. Sedangkan, pelepasan gula ini membutuhkan insulin. Jika kerja insulin terganggu, maka bisa menghambat pelepasan glukosa. Akibatnya, glukosa tetap berada di dalam darah dan bisa menyebabkan kadar gula tinggi atau hiperglikemia.

Tapi tidak hanya bisa menaikkan, kebutuhan glukosa yang banyak juga bisa membuatnya menurun. Hipoglikemia atau gula darah rendah bisa terjadi ketika tubuh menggunakan semua gula yang disimpan sehingga tidak ada lagi glukosa yang bisa dilepaskan ketika otot membutuhkannya. Oleh karena itu, saat berolahraga penderita diabetes harus memperhatikan 5 tips aman berikut ini.

1. Selalu Cek Kadar Gula Darah

Tips Olahraga Diabetes (Halodoc)

Penderita diabetes harus memeriksa kadar gula darah baik saat akan memulai maupun setelah selesai olahraga agar menghindari kadar gula yang melonjak atau menurun secara drastis. Jangan memulai olahraga sebelum kadar gula darah kalian mencapai 70 mg/dL atau berada di atas 250 mg/dL.

Jika gula darah masih rendah atau tidak juga naik, maka disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 15gram, misalnya dengan memakan jeruk, selembar roti atau satu buah apel. Tapi jika gula darah terlalu tinggi saat akan mulai olahraga, ada baiknya makan makanan kaya protein sekitar satu jam sebelum olahraga.

2. Menyuntikkan Insulin

Sebelum olahraga, penderita diabetes tipe 1 perlu menggunakan insulin dengan dosis yang tepat. Untuk kalian yang menggunakan pompa insulin, pastikan aktivitas olahraga kamu tidak terganggu. Sedangkan yang menggunakan insulin suntik, usahakan untuk tidak menyuntikkan ke bagian tubuh yang aktif digunakan untuk olahraga, seperti kaki.

Pasalnya, insulin akan terserap dengan cepat. Akibatnya, gula darah bisa menurun drastis dalam waktu yang sangat cepat. Jangan lupa untuk selalu membawa semua kebutuhan pribadi seperti obat diabetes jika kamu memilih berolahraga di tempat jauh dari rumah.

3. Jaga Pola Makan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"