Gak Sembarangan, Berikut 5 Tips Lari di Treadmill

Gak Sembarangan, Berikut 5 Tips Lari di Treadmill

Treadmill adalah alat olahraga yang ada di dalam rumah atau pusat kebugaran. Treadmill digunakan orang untuk melakuka gerakan lari karena caranya mudah dan bisa di-setting sesuai kebutuhan. Misalnya ingin berjalan santai, jalan cepat, hingga berlari pun bisa menggunakan treadmill. Tips lari di treadmill juga tidak bisa sembarangan. Apa saja tips lari saat menggunakan alat treadmill?

Lakukan Pemanasan

Semua olahraga wajib didahulukan dengan pemanasan, termasuk melakukan olahraga di treadmill. Sebaiknya pemanasan dilakukan sekitar 10 menit sebelum memulai gerakan lari. Pemanasan bisa bermanfaat agar otot-otot bagian kaki tidak kaku ketika melakukan lari di treadmill.

Pilihan Sepatu

Saat akan melakukan gerakan lari di treadmill harus menggunakan sepatu. Pilihlah sepatu yang nyaman dan usahakan sepatu olahraga khusus lari atau running shoes. Dalam memilih sepatu cobalah memakai sepatu yang ringan karena lapisan permukaan treadmill bukan tanah atau semen.

Jika mengenakan sepatu yang ringan maka gerakan kaki akan semakin gesit dan lincah saat melakukan gerakan lari di treadmill. Alhasil pembakaran kalori dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar apabila gerakan lari dilakukan dengan baik saat menggunakan treadmill.

Tips Lari di Treadmill (Medcom.id)

Cek Kecepatan Treadmill

Tips lari di treadmill selanjutnya adalah menyangkut kecepatan treadmill. Ada orang yang memilih mengatur treadmill dengan kecepatan yang cukup cepat padahal kondisi tubuhnya tidak kuat untuk mengikutinya. Alhasil badan khususnya bagian kaki menjadi sangat lelah karena harus berlari cepat mengikuti treadmill.

Tidak semua orang tahu bahwa berlari di treadmill berbeda dengan berlari di luar ruangan. Saat berlari di luar ruangan ketika tubuh mulai lelah, kita bisa mulai mengurangi intensitas gerakan lari atau beristirahat. Sementara berbeda dengan treadmill karena pengguna treadmill wajib mengubah treadmill dulu untuk mengurangi kecepatan.

Posisi Badan yang Benar

Pernah melihat orang jatuh ketika sedang lari di treadmill? Hal itu pasti akan menyakitkan. Makanya ketika melakukan lari di treadmill harus mengetahui bagaimana mengatur posisi badan yang benar. Misalnya posisi badan harus tegak. Lebarkan bahu dan pandangan menatap lurus ke depan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"