Gak Selalu Baik! Kebanyakan Olahraga Supaya Cepat Kurus Malah Bisa Mengancam Jiwa, Gini Penjelasannya

Gak Selalu Baik! Kebanyakan Olahraga Supaya Cepat Kurus Malah Bisa Mengancam Jiwa, Gini Penjelasannya

Olahraga  merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin kurus dengan menurunkan berat badan mereka. Diketahui, olahraga yang dilakukan secara rutin memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Tidak hanya menjaga berat badan, olahraga juga bisa meningkatkan stamina dan membuat tubuh bugar.

Olahraga juga bisa mengurangi stres dan mencegah sejumlah penyakit seperti jantung, stroke, hipertensi dan diabetes. Meski begitu, olahraga terlalu sering juga tidak boleh dilakukan karena bisa mengganggu kesehatan. Sejauh ini memang belum ada kriteria yang menunjukkan seberapa sering atau seberapa berat aktivitas olahraga yang disebut sebagai olahraga berlebihan.

Foto: Olahraga Berlebihan (Jatimnet)

Tapi, orang yang terlalu berlebihan dalam olahraga biasanya mengalami beberapa hal seperti sulit konsentrasi, sering merasa lelah sampai menggangu aktivitas sehari-hari, sering mengalami cendera, gangguan menstruasi, sering merasa tidak enak badan, sampai jantung berdetak kencang meski tidak olahraga.

Sementara itu, efek olahraga berlebihan dalam jangka pendek bisa menimbulkan keluhan seperti kelelahan, dehidrasi, gangguan tidur, daya tahan tubuh melemah sehingga sering flu, nyeri otot hingga sakit punggung. Kondisi ini umumnya dapat diatasi dengan istirahat sebelum memulai olahraga lagi. Namun selain itu, ada dampak negatif lainnya yang bisa berakibat fatal dan mengancam jiwa, yakni:

1.    Meningkatkan Risiko Kardiotoksisitas

Melakukan olahraga setiap hari dengan intensitas tinggi ternyata sangat berbahaya bagi tubuh karena meningkatkan risiko kardiotoksisitas yakni kondisi timbulnya kerusakan pada otot jantung akibat pelepasan senyawa kimia yang menyebabkan jantung tidak bisa lagi memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini juga yang bisa meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke pada orang yang mengidap penyakit jantung.

2.    Menimbulkan Aritmia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"