Fungsi Pit Board di MotoGP yang Punya Peran Penting untuk Pembalap

Fungsi Pit Board di MotoGP yang Punya Peran Penting untuk Pembalap

Pit board di MotoGP biasanya dibawa oleh kru pembalap di pinggir lintasan dekat garis start. Pit board atau papan pit memiliki fungsi yang cukup penting bagi pembalap. Fungsi pit board di MotoGP membantu mengetahui informasi yang didapatkan pembalap selama proses balapan berlangsung.

Sebenarnya pembalap bisa melihat informasi pit board lewat panas dasbor motornya. Tetapi akan sulit bila pembalap melihat di panel dasbor dan bisa menganggu konsentrasi dalam balapan ditambah pembalap melaju dalam kecepatan sangat tinggi. Jadi para pembalap lebih memilih untuk melihat pit board di pinggir lintasan. 

Fungsi pit board adalah menyampaikan informasi kepada pembalap. Informasi yang terdapat dalam pit board antara lain posisi pembalap saat balapan, sisa lap atau putaran balapan, banyak pembalap dalam suatu rombongan, jarak dengan pembalap terdekat, siapa pembalap yang berada di dekatnya, hingga masuk ke lap untuk mengganti strategi.

Fungsi Pit Board di MotoGP (Detik Oto)

Uniknya ada saja tim pembalap yang menunjukan fungsi pit board di MotoGP kepada pembalap yang berisi bukan informasi teknis, melainkan dukungan semangat kepada pembalap agar bisa menjalani balapan dengan lancar.

Tak hanya itu kejadian pada balapan tahun 2017 lalu, dimana pit board tim Ducati meminta Jorge Lorenzo untuk mengalah kepada Andrea Dovizioso. Permintaan itu pun menjadi kontroversi meskipun akhirnya Lorenzo pun seperti mengalah dengan memberikan posisinya untuk Dovizioso.

Fungsi pit board di MotoGP tidak hanya saat balapan saja karena saat pembalap melakukan ses latihan pun, pit board juga digunakan lho. Namun bedanya informasi yang ada di pit board saat latihan berbeda dengan saat balapan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"