Coba Lakukan 5 Tips Olahraga Saat Puasa Ini Untuk Tetap Bugar Tanpa Perlu Batal Karena Haus

Coba Lakukan 5 Tips Olahraga Saat Puasa Ini Untuk Tetap Bugar Tanpa Perlu Batal Karena Haus

Walaupun saat puasa  tidak diperbolehkan untuk makan dan minum, tapi kamu tetap perlu menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga . Beberapa orang mungkin enggan untuk olahraga saat puasa karena khawatir akan kehausan dan lemas. Hingga akhirnya, berisiko untuk membatalkan puasa. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan olahraga di bulan puasa. Berikut ini 5 tips olahraga saat puasa agar tetap bugar tanpa kehausan.

1.    Menentukan Waktu Yang Tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat olahraga di bulan puasa adalah pilihan waktu. Tidak disarankan untuk olahraga di siang hari saat masih berpuasa karena dapat menyebabkan dehidrasi akibat hilangnya cairan tubuh secara berlebihan. Olahraga juga sebaiknya tidak dilakukan dalam keadaan perut kosong. Pilihan waktu terbaik untuk olahraga saat puasa adalah menjelang berbuka puasa. Kamu bisa olahraga 30-60 menit menjelang berbuka. Jadi, energi yang digunakan saat olahraga dapat segera digantikan setelah berbuka puasa.

2.    Pilih Jenis Olahraga

Foto: Olahraga Saat Puasa (Popbela)

Jenis olahraga yang kamu pilih juga berpengaruh penting. Sebaiknya, pilih olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, misalnya jalan kaki, yoga atau bersepeda santai. Olahraga ini bisa dilakukan selama sekitar 30 menit dengan frekuensi 3-5 kali seminggu. Hindari melakukan olahraga berat, seperti berlari dan angkat beban. Sebab, ditakutkan tubuh kamu tidak mampu melakukannya. Tapi kembali lagi, kenali tubuhmu. Jika kamu bisa melakukannya, maka olahraga berat sebaiknya dilakukan menjelang berbuka.

3.    Perbanyak Air Putih

Kamu disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari atau 1,5 sampai 2 liter agar tidak dehidrasi. Diketahui, dehidrasi bisa terjadi saat olahraga apalagi dilakukan saat cuaca panas. Jadi untuk mencegah hal ini, kamu juga harus membatasi melakukan aktivitas fisik di siang hari. Karena, melakukan olahraga juga akan membuatmu mengeluarkan banyak keringat di siang hari saat puasa sehingga menyebabkan dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat.

4.    Jaga Asupan Nutrisi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"