Ciat! Jenis-jenis Teknik Dasar Karate yang Bisa Dipelajari

Ciat! Jenis-jenis Teknik Dasar Karate yang Bisa Dipelajari

Teknik dasar karate terdiri dari beberapa jenisnya. Bagi pemula yang ingin mendalami seni bela diri ini bisa banget untuk mengenal teknik dasar karate. Karate adalah seni bela diri asal Okinawa, Jepang. Berikut ini beberapa teknik dasar karate.

Kihon

Teknik dasar karate pertama adalah Kihon. Kihon bisa dipelajari dengan belajar gerakan menendang dan memukul. Biasanya teknik kihon ini dipelajari oleh orang-orang yang memiliki sabuk putih. Selain menendang dan memukul, kihon adalah teknik dasar bantingan yang biasanya dipelajari ketika sabuk cokelat.

Kata

Berikutnya ada kata. Teknik dasar kata tidak hanya melatih fisik saja karena tiap teknik kata memiliki aliran, gerakan dan nama yang berbeda-beda. Misalnya kata tekki biasanya dipelajari oleh orang beraliran Shotokan. 

Teknik Dasar Karate (TNI)

Dachi

Dachi merupakan teknik dasar karate yang disebut juga tachi. Dalam bahasa Jepang, tachi berarti kuda-kuda. Teknik karakte satu ini mengajarkan posisi kaki dalam karate. Memang kuda-kuda sangat penting dalam seni bela diri termasuk karate.

Kuda-kuda yang dilakukan dengan benar akan membantu menambah kekuatan seperti kaki dan bagian tubuh lain saat melakukan serangan kepada lawan dalam karate. Dalam kuda-kuda karate terdapat banyak jenisnya. 

Zuki

Teknik dasar karate zuki merupakan pukulan dalam karate. Pukulan zuki ini menggunakan dua ruas jari bagian depan atau Seiken atau tinju depan. Teknik pukulan zuki ini adalah teknik serangan yang terkenal dan dilakukan banyak orang saat menyerang lawan. 

Teknik zuki dipilih karena cepat, bertenaga, dan memiliki banyak kegunaan. Dalam melakukan  teknik karate zuki, pukulan dilakukan untuk menjaga posisi tangan agar kuat dan stabil kala menahan benturan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"