Cara Memukul Bola dalam Permainan Rounders, Lengkap dengan Teknik Melempar dan Menangkapnya

Cara Memukul Bola dalam Permainan Rounders, Lengkap dengan Teknik Melempar dan Menangkapnya

Rounders merupakan permainan olahraga memukul, melempar, dan menangkap bola. Permainan rounders dimainkan oleh dua tim. Sekilas rounders mirip dengan permainan kasti di Indonesia. Rounders sendiri adalah olahraga yang berasal dari Inggris yang mulai populer di abad ke-16. Lalu bagaimana cara memukul bola dalam permainan rounders yang benar? Termasuk cara melempar dan menangkap bola?

Memukul Bola

Meski memukul bola dalam rounders sekilas mirip dengan kasti dan baseball, namun tetap saja harus diperhatikan beberapa hal, seperti posisi tubuh yang sempurna ketika akan memukul bola. Tubuh khususnya kaki dan tangan harus berada dalam posisi yang benar ketika memegang kayu pemukul bola, agar pukulan yang dilakukan cukup keras dan terukur. 

Langkah pertama adalah meletakkan tongkat kayu pemukul pada bahu sebelah kanan. Kemudian badan diposisikan dengan siap dan dicondongkan ke samping kanan. Jangan lupa, posisi kaki kiri lurus dan kaki kanan sedikit bengkok.

Ayunkan tongkat dari samping ke depan sehingga pukulan akan mengenai bola yang dilempar.Saat bola datang, pukul bola dengan tenaga yang cukup kuat supaya bisa melayang cukup jauh.

Cara Memukul Bola dalam Permainan Rounders

Melempar Bola

Selain tahu cara memukul bola dalam permainan rounders, bagaimana cara melakukan lemparan bola yang tepat sasaran? Dalam teknik melempar bola dalam rounders terdiri atas beberapa jenis lemparan, yakni lemparan melambung, lemparan mendatar, dan lembaran bawah. 

Untuk melakukan lemparan melambung biasanya pemain dalam tim melempar bola jarak jauh. Supaya bola dapat terlempar dengan jauh dan tinggi dilakukan dengan sekuat tenaga. Melempar bola ini diberikan kepada teman satu tim yang posisinya cukup jauh.

Lalu ada lemparan mendatar. Lemparan mendatar biasanya dilakukan untuk arah bola yang mendatar dan tepat. Lemparan mendatar ini dilakukan dengan mengayunkan tangan dari belakang ke depan sejajar dengan bahu. Lemparan mendatar ini dilakukan kepada rekan satu tim yang jaraknya cukup dekat.

Satu lagi tentang lemparan bawah. Lemparan bawah biasanya dilakukan pemain dalam rounders kepada rekan satu tim yang jaraknya tidak terlalu jauh. Lemparan bawah adalah mengirimkan bola dengan menyusuri tanah atau bagian bawah lapangan. Lemparan ini dilakukan dalam keadaan darurat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"