Bisa Dicoba! 5 Jenis Olahraga Yang Tepat Bagi Penderita Darah Rendah, Gak Bikin Gampang Pusing

Bisa Dicoba! 5 Jenis Olahraga Yang Tepat Bagi Penderita Darah Rendah, Gak Bikin Gampang Pusing

Menentukan jenis olahraga  yang tepat untuk penderita darah rendah  terbilang cukup sulit. Pasalnya, olahraga melibatkan perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba yang dapat memicu gejala seperti pusing, penglihatan kabur sampai rasa mual. Meski begitu, bukan berarti kamu yang memiliki darah rendah tidak perlu olahraga.

Faktanya, olahraga bisa bermanfaat untuk mengobati darah rendah karena membantu meningkatkan sirkulasi darah. Jadi disarankan untuk kamu yang punya penyakit darah rendah memilih aktivitas yang tidak melibatkan membungkuk dan naik dengan cepat ke posisi tegak. Lantas apa saja olahraga yang tepat untuk penderita darah rendah? Berikut penjelasannya!

1.    Sepeda

Foto: Olahraga Darah Rendah (Jovee.id)

Salah satu olahraga yang cocok buat penderita darah rendah adalah bersepeda. Olahraga ini berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen ke semua otot seluruh tubuh. Tidak hanya itu, bersepeda juga dapat membuat tubuh kuat dan tidak mudah lemas. Bersepada juga membantu membentuk tubuh dan memberikan energi lebih. Selain itu, otot seperti paha, betis, dan panggul juga akan terjaga. Namun pastikan untuk tidak memaksakan diri. Istirahat dan berhenti sejenak kalau kamu sudah merasa lelah.

2.    Yoga

Bukan hanya jadi media relaksasi, ternyata ada banyak jenis gerakan yoga yang tepat untuk dilakukan para penderita darah rendah. Tentu saja, sebaiknya berolahraga yoga dengan bantuan instruktur agar tahu posisi mana saja yang aman. Biasanya, posisi dengan kepala lebih rendah dari jantung seperti downward facing dog rentan menimbulkan sakit kepala, sehingga tidak baik untuk dilakukan. Jadi, kenali dengan baik bagaimana reaksi setiap gerakan pada tubuh kalian agar mengetahui celahnya.

3.    Berlari



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"